PROSES PENGOLAHAN PESAN PERSUASI DAN EFEK PERUBAHAN SIKAP PADA KONSUMEN RAMAYANA DEPARTMENT STORE YOGYAKARTA

BELLANANDRA, REGINA (2016) PROSES PENGOLAHAN PESAN PERSUASI DAN EFEK PERUBAHAN SIKAP PADA KONSUMEN RAMAYANA DEPARTMENT STORE YOGYAKARTA. . pp. 1-16.

[img] Text
JURNALKOM04336.pdf

Download (691Kb)

Abstract

Penelitian ini ingin melihat bagaimana proses pengolahan pesan persuasi dan efek perubahan sikap kepada konsumen Ramayana Department Store Yogyakarta dengan menggunakan landasan teori Elaboration Likelihood Model yang dikembangkan Richard E Petty dan John T Cacioppo yang di dalamnya terdapat dua jalur pengolahan pesan persuasi yang dapat mengubah sikap seseorang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yakni teknik wawancara atau interview secara on the spot dengan subjek penelitian ialah sepuluh konsumen Ramayana Department Store Yogyakarta yang di pilih secara acak ketika kegiatan perbelanjaan konsumen sedang berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan sepuluh konsumen menggunakan kedua jalur pengolahan pesan persuasi yang diberikan Team Service Ramayana yakni jalur central dan jalur peripheral. Jalur pengolahan peripheral muncul ditandai dengan ketertarikan para informan terhadap penampilan interpersonal atau cara penyampaian pesan persuasi Team Service, sedangkan jalur central muncul ketika informan melibatkan pemikiran kritis mereka untuk melakukan banyak pertimbangan sebelum merubah sikap mereka. Dari kedua penggunaan jalur pengolahan pesan persuasi muncul perubahan sikap yang melibatkan respon kognitif dan afektif ditiap individu konsumen. Perubahan sikap tersebut membuat konsumen tertarik terhadap pesan persuasi hingga percaya terhadap pesan persuasi yang diberikan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa jalur peripheral merupakan jalur pengolahan pesan persuasi yang dominan digunakan oleh kesepuluh konsumen dalam mengubah sikap mereka menjadi tertarik dan percaya terhadap pesan persuasi yang diberikan oleh Team Service Ramayana department store Yogyakarta.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: proses pengolahan pesan, persuasi, efek perubahan sikap
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Aug 2016 08:20
Last Modified: 16 Aug 2016 08:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10103

Actions (login required)

View Item View Item