HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN INSTAGRAM DENGAN KEPUASAN MAHASISWA DALAM MENCARI INFORMASI FASHION (Studi Kasus Tentang Penggunaan Instagram pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

Putri Santoso, Yohana Heidy (2016) HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN INSTAGRAM DENGAN KEPUASAN MAHASISWA DALAM MENCARI INFORMASI FASHION (Studi Kasus Tentang Penggunaan Instagram pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fashion telah menjadi salah satu produk yang sangat diminati saat ini. Peluang usaha dalam produk fashion melalui online shop banyak membidik kalangan muda sebagai konsumennya, diantaranya adalah mahasiswa. Mahasiswa merupakan konsumen ingin tampil modis sehingga mereka cenderung mencari informasi tentang fashion, memiliki link pertemanan yang luas, yang terhubung melalui media sosial Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan Instagram dengan kepuasan mahasiswa dalam mencari informasifashion. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori uses and gratification. Teori ini berasumsi bahwa khalayak secara aktif memilih media apa yang akan digunakan dan dari hal tersebutlah khalayak mendapatkan kepuasan dalam menggunakan media. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan rnetode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis distribusi frekuensi dan korelasi Spearman's Rho Rank. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari 100% responden yang menggunakan Instagram untuk rnencari informasi fashion adalah sebesar 78,4%. Mayoritas mahasiswa Ilrnu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta setuju bahwa lnstagram memenuhi kebutuhan mereka. Ada hubungan antara penggunaan lnstagram dengan kepuasan mahasiswa dalam mencari informasifashion. Oleh karena itu, secara teoritik dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara penggunaan media dan kepuasan khalayak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Uses and Gratification, media sosial, kepuasan informasi, penggunaan media.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Aug 2016 08:27
Last Modified: 19 Aug 2016 08:27
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10119

Actions (login required)

View Item View Item