Pemberitaan Bupati Toraja Utara (Analisis Isi Fungsi Komunikasi Massa Pada Pemberitaan Bupati Toraja Utara di Portal Media Online kabar-toraja.comperiode Maret 2015 – Oktober 2015)

Widi, Larasati Dipta (2016) Pemberitaan Bupati Toraja Utara (Analisis Isi Fungsi Komunikasi Massa Pada Pemberitaan Bupati Toraja Utara di Portal Media Online kabar-toraja.comperiode Maret 2015 – Oktober 2015). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan yang semakin maju pada era ini pun membuat masyarakat turut mengikuti perkembangan teknologi. Penyampaian informasi melalui media online pun dianggap lebih mudah untuk diakses sehingga masyarakat dalam mencari informasi memilih untuk beralih dari media cetak ke media online. Media online memiliki kelebihan yaitu cepat untuk diakses terutama di era saat ini masyarakat membutuhkan informasi yang cepat serta praktis untuk di akses. Kebutuhan dalam mendapatkan informasi dan hiburan menjadi salah satu bagian fungsi komunikasi massa. Fungsi komunikasi massa sendiri memiliki banyak istilah salah satunya yang dijelaskan oleh John Vivian yang menjelaskan bahwa fungsi komunikasi massa meliputi providing information ,providing entertainment, helping to persuade, dan contributing to social cohesion (mendorong kohesi sosial). Pemberitaan yang diunggah ke portal media online pun memiliki fungsi komunikasi massa sesuai dengan bobot pemberitaan yang disampaikan. Salah satu portal media online yang menyampaikan informasi mengenai berbagai pemberitaan yaitu kabar-toraja.com dan berita yang turut diberitakan dalam portal media online kabar-toraja.com yaitu mengenai sosok Frederik Batti Sorring yang merupakan Bupati Toraja Utara.Dari hasil yang didapat melalui uji analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa fungsi komunikasi massa pada pemberitaan telah dijalankan dan nilai tertinggi terdapat pada fungsi informasi karena terlihat bahwa fungsi informasi berupa unit analisis faktual mendapatkan hasil nilai tertinggi pada fakta dan pada unit analisis kelengkapan 5W + 1H mendapatkan hasil tertinggi pada unsur who, unsur what, unsur why, dan unsur how serta hasil dari unit analisis jumlah nilai berita terlihat bahwa 3 unsur nilai berita merupakan unsur yang paling banyak dalam. Namun tidak semua fungsi komunikasi massa ada pada pemberitaan Bupati Toraja Utara melalui media online kabartoraja.com seperti fungsi persuasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fungsi komunikasi massa, Media online, Bupati Toraja Utara
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Aug 2016 09:05
Last Modified: 04 Oct 2019 07:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10125

Actions (login required)

View Item View Item