EFEKTIVITAS KOMUNIKASI MELALUI TAYANGAN INTERPRETER BAHASA ISYARAT di MEDIA TELEVISI (Studi pada Anggota Gerakan Untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia Gerkatin) Solo)

Sembiring, Ita Modhalina (2016) EFEKTIVITAS KOMUNIKASI MELALUI TAYANGAN INTERPRETER BAHASA ISYARAT di MEDIA TELEVISI (Studi pada Anggota Gerakan Untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia Gerkatin) Solo). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada tahun 1994-an penggunaan interpreter bahasa isyarat di Televisi mengundang banyak respon negatif dikarenakan interpreter membingungkan khalayak tuna rungu dalam membahasakan informasi yang disampaikan, sehingga penggunaan interpreter bahasa isyarat “timbul tenggelam”. TVRI dalam program Indonesia Malam sampai saat ini masih aktif dalam memfasilisitasi audiens dengan penggunaan interpreter bahasa isyarat. Selain itu, selama masa Pemilihan Presiden dan Pilkada, KPU memfasilitasi penggunaan Interpterer selama debat calon. “Hak Setiap warga negara untuk memperoleh informasi”, hal ini tercermin dalam Undang-Undang No 32 Tahun 2002. Penggunaan interpreter bahasa Isyarat juga tertera pada pasal 39 ayat 3 yang berisikan “Bahasa isyarat dapat digunakan dalam mata acara tertentu untuk khalayak tunarungu”. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk melihat efektivitas komunikasi melalui tayangan interpreter bahasa isyarat di Televisi. Penelitian ini berupaya untuk melihat sejauh mana efektivitas komunikasi Melalui Tayangan Interpreter Bahasa Isyarat di Media Televisi pada anggota Gerakan Untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Solo berdasarkan EPIC Model. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Penelitian survei merupakan suatu upaya pengumpulan informasi dari sebagian populasi yang telah dianggap mewakili jumlah populasi tertentu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif untuk mengetahui keadaan mengenai apa dan bagaimana, berapa, sejauh mana dari variabel yang diteliti. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner. Hasil perhitungan data EPIC Model menunjukkan bahwa efektivitas komunikasi melalui tayangan interpreter bahasa isyarat di televisi cukup efektif. Tayangan interpreter bahasa isyarat di Televisi bisa menjadi alat informasi bagi tuna rungu dengan pertimbangan-pertimbangan yang sudah diteliti selama penelitian ini dilihat dari kriteria yang digunakan efektivitas komunikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Komunikasi, EPIC Model, Interpreter, Bahasa Isyarat, Gerkatin, Indonesia Malam TVRI
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Aug 2016 09:13
Last Modified: 19 Aug 2016 09:13
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10127

Actions (login required)

View Item View Item