PENGARUH TERPAAN TRANSIT ADVERTISING TERHADAP TINGKAT BRAND AWARENESS DAN MINAT MENGUNJUNGI GEMBIRALOKA ZOO (Studi Eksplanatif Pengaruh Terpaan Transit Advertising pada Jas Taksi terhadap Tingkat Brand Awareness dan Minat Mengunjungi Gembiraloka Zoo)

Mulyanto, Novan (2016) PENGARUH TERPAAN TRANSIT ADVERTISING TERHADAP TINGKAT BRAND AWARENESS DAN MINAT MENGUNJUNGI GEMBIRALOKA ZOO (Studi Eksplanatif Pengaruh Terpaan Transit Advertising pada Jas Taksi terhadap Tingkat Brand Awareness dan Minat Mengunjungi Gembiraloka Zoo). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Terpaan iklan adalah proses dimana individu memperoleh pengalaman dan perhatian terhadap pesan yang disampaikan melalui media periklanan komersial. Terjadinya proses perkenalan produk oleh produsen melalui sentuhan media periklanan luar ruang dalam hal ini transit advertising yang disebut terpaan iklan (exposure), membuat aktivitas pemasaran dan periklanan berdampak besar. yaitu bahwa karakter komunikator (produsen) akan berpengaruh signifikan terhadap tingkat persuasi pesan (ketertarikan produk). Teori yang dipakai dalam penelitian meliputi teori komunikasi pemasaran, periklanan, konsep terpaan iklan. brand awareness, dan teori S-R (Stimulus Response), dimana dalam penelitian ini stimulus berasal dari transit advertising yang akan membentuk sebuah respon. Terpaan iklan produk yang berulang kali akan membentuk kesadarannya dalam benak konsumen. Setelah timbul kesadaran dalam benaknya dan munculnya brand awareness pada konsumen, kemudian menimbulkan ketarikan dan termorivasi untuk membeli produk tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan Gembiraloka Zoo pada Jas Taksi temyata mampu menciptakan hrand awareness pada konsumen. Hal ini membuktikan teori bahwa salah satu fungsi iklan yakni sebagai reminder sehingga iklan mampu mengingatkan dan semakin meneguhkan terhadap produk yang diiklankan.Terpaan transit advertising juga tenyata secara nyata mampu meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap minat mengunjungi Gembiraloka Zoo. Hal ini menunjukkan bahwa setelah menonton iklan dan brand awareness produk (melalui iklan) tersebut semakin tinggi. terpaan transit advertismg juga berdampak target market menjadi terpengaruh dan menimbulkan ketertarikan pada produk. Terpaan iklan produk tersebut melalui transit advertising pada Jas Taksi yang berulang kali mampu membentuk kesadarannya dalam benak konsumen. Setelah timbul kesadaran dalam benaknya, kemudiao akhirnya tertarik dan termotivasi untuk membeli produk tersebut Hasil studi ini diharapkan berguna bagi pihak-pihak yang membutuhkan misalnya bagi perusahaan, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan dan bahan pertimbangan tentang seberapa kuat pengaruh dari terpaan transit advertising membentuk kesadaran konsumen atas merek tersebut dan mampu menimbulkan tingkat ketertarikan produk.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terpaan Iklan, Transit Advertising,Brand Awareness. Minat Mengunjungi
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Aug 2016 10:11
Last Modified: 19 Aug 2016 10:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10132

Actions (login required)

View Item View Item