JURNALISME EMPATI DALAM PEMBERITAAN HILANGNYA AIRASIA QZ8501 DI HARIAN JAWA POS (Analisis Deskriptif Kualitatif Penerapan dan Proses Peliputan Serta Penulisan Berita Jurnalisme Empati dalam Pemberitaan Hilangnya AirAsia QZ8501 di Harian Jawa Pos Periode 29 Desember 2014 – 23 Maret 2015)

Maliluan, Christina (2016) JURNALISME EMPATI DALAM PEMBERITAAN HILANGNYA AIRASIA QZ8501 DI HARIAN JAWA POS (Analisis Deskriptif Kualitatif Penerapan dan Proses Peliputan Serta Penulisan Berita Jurnalisme Empati dalam Pemberitaan Hilangnya AirAsia QZ8501 di Harian Jawa Pos Periode 29 Desember 2014 – 23 Maret 2015). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan jurnalisme empati pada teks berita yang berisi mengenai pesawat AirAsia QZ8501. Selain melihat dari teks berita, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui proses peliputan dan pemilihan berita AirAsia QZ8501 yang dilakukan Jawa Pos. Obyek penelitian ini adalah beberapa artikel berita AirAsia QZ8501 yang memenuhi kriteria jurnalisme empati. Sedangkan subyek penelitian adalah redaktur dan wartawan Jawa Pos yang meliput dan membuat berita AirAsia QZ8501. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Tahap pertama adalah dengan menganalisis teks berita yang telah ditentukan sebelumnya. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui penerapan jurnalisme empati yang ada pada teks berita. Selanjutnya, dari hasil wawancara memberikan gambaran mengenai proses peliputan hingga pemilihan berita yang dilakukan oleh wartawan dan redaktur Jawa Pos dengan menggunakan jurnalisme empati. Hasil penelitian menemukan bahwa Jawa Pos menerapkan jurnalisme empati, baikdari teksberita maupun proses pembuatan berita. Penerapan jurnalisme empati pada teks berita, Jawa Pos menggunakan teknik penulisan feature karena berita feature selalu memberikan penekanan elemen human interest untuk memberikan sentuhan perasaan peka kepada pembacanya. Pada proses pembuatan berita, wartawan dan redaktur Jawa Pos telah menggunakan jurnalisme empati. Wartawan Jawa Pos juga memiliki cara tersendiri untuk mendekati narasumbernya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Proses Pembuatan Berita, Jurnalisme Empati, Jawa Pos.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 19 Aug 2016 10:24
Last Modified: 19 Aug 2016 10:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10133

Actions (login required)

View Item View Item