PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK DI MEDIA TELEVISI (Studi Kasus Penerapan Kode Etik Jurnalistik melalui Verifikasi Data di Program Acara ‘Kompas Sport Petang’ Kompas TV)

Fenita, (2016) PENERAPAN KODE ETIK JURNALISTIK DI MEDIA TELEVISI (Studi Kasus Penerapan Kode Etik Jurnalistik melalui Verifikasi Data di Program Acara ‘Kompas Sport Petang’ Kompas TV). S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kode etik jurnalistik melalui verifikasi data dalam program acara ‘Kompas Sport Petang’ Kompas TV. Kompas Sport Petang adalah tayangan berita olahraga yang hadir setiap hari. Penerapan kode etik jurnalistik melalui verifikasi data dilihat dari penemuan isu, penemuan fakta di lapangan sampai proses penulisan berita. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi langsung, peneliti melakukan wawancara dengan produser serta reporter dan didukung dengan observasi langsung. Teknis analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang menjelaskan data dari hasil wawancara dan catatan lapangan dengan mengorganisasikan data, dijabarkan, kemudian disimpulkan untuk diceritakan.. Setelah melakukan penelitian maka didapatkan hasil bahwa penerapan kode etik jurnalistik melalui verifikasi data di Kompas Sport Petang masih diterapkan. Namun, ada beberapa berita yang tidak melalui proses verifikasi data sebagaimana mestinya. Proses verifikasi data lebih digunakan pada penulisan berita nasional karena adanya proses peliputan yang dilakukan reporter.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: jurnalisme, kode etik jurnalistik, verifikasi data
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:32
Last Modified: 22 Aug 2016 08:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10147

Actions (login required)

View Item View Item