PENGARUH INTENSITAS TERPAAN SOSIALISASI PENCEGAHAN HIV-AIDS TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KELOMPOK BERESIKO TINGGI (Studi Deskriptif Kuantitatif Seminar Pencegahan HIV-AIDS pada Tahun 2015 di PT Kaltim Prima Coal)

Setyohardono, Amelia Juliana (2016) PENGARUH INTENSITAS TERPAAN SOSIALISASI PENCEGAHAN HIV-AIDS TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KELOMPOK BERESIKO TINGGI (Studi Deskriptif Kuantitatif Seminar Pencegahan HIV-AIDS pada Tahun 2015 di PT Kaltim Prima Coal). . pp. 1-11.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mayoritas karyawan laki-laki dan lokasi perusahaan yang berada di daerah membuat suami tidak dapat membawa istrinya ke Sangatta sehingga para bujang lokal memuaskan hawa nafsunya dengan menggunakan jasa PSK. Berangkat dari kenyataan ini KPC menyadari bahwa perlu adanya tindakan khusus yang menangani pencegahan penyebaran HIV-AIDS dikalangan PSK dan masyarakat sekitarnya. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah sosialisasi dalam bentuk seminar yang dapat mempengaruhi tingkat pengetahuan PSK tentang HIV-AIDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sinetnsitas terpaan sosialisasi terhadap tingkat pengetahuan PSK tentang HIV-AIDS. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi dan perubahan perilaku, sosialisasi, dan pengetahuan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner yang didukung oleh data sekunder dan wawancara untuk mngetahui profil perusahaan serta melihat sejauh mana KPC telah melakukan program sosialisasi pencegahan HIV-AIDS di kalangan PSK. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh intensitas sosialisasi terhadap tingkat pengetahuan PSK tentang pencegahan HIV-AIDS yang dikontrol oleh tingkat pendidikan terakhir tiap individunya. Intensitas sosialisasi dilihat dari frekuensi dan durasi mereka mengikuti sosialisasi, sedangkan tingkat pengetahuan dilihat dari seberepa mereka mengerti tentang HIV-AIDS dan cara pencegahannya. Tingkat pendidikan terakhir mencakup tingkatan SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah intensitas terpaan sosialisasi yang ditabulasikan dengan tingkat pengetahuan masuk dalam kategori tinggi. Tingkat pendidikan terkahir juga menunjukkan bahwa variabel ini mampu mengontrol variabel intensitas terpaan sosialisasi dan tingkat pengetahuan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tabulasi yang masuk dalam kategori cukup.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Intensitas Terpaan Sosialisasi, Tingkat Pengetahuan, Tingkat Pendidikan Terakhir
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:53
Last Modified: 22 Aug 2016 08:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10150

Actions (login required)

View Item View Item