PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI PEMANFAATAN ASET LOKAL “PENELITIAN DESKRIPTIF DI DESA KALINGARA KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR”

BATO, REDEMTA TETE (2016) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA MELALUI PEMANFAATAN ASET LOKAL “PENELITIAN DESKRIPTIF DI DESA KALINGARA KABUPATEN SUMBA BARAT DAYA PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR”. . pp. 1-18.

[img] Text
JURNALSOS04238.pdf

Download (786Kb)

Abstract

Kemiskinan adalah salah satu masalah besar yang sedang dihadapi oleh masyarakat di pedesaan. Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu strategi untuk mengurangi kemiskinan di pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan aset Lokal di desa. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah di desa Kalingara, Kabupaten Sumba Barat Daya. Hasil penelitian ini adalah desa Kalingara memiliki aset manusia, aset fisik dan aset sosial yang sangat banyak. kedua masyarakat telah berhasil memanfaatakan aset lokal untuk peningkatan gisi keluarga melalui penanaman dapur hidup,gabungan kelompok tani telah membantu meningkatkan kapasitas petani melalui pelatihan. Pemanfaatan aset juga mendapatkan tantangan dari kelompok yang resisten yaitu berasal dari para pemimpin lokal yang ada di desa yang didominasi oleh laki-laki. Peran asosiasi dan institusi yang menjadi kekuatan dalam pendekatan berbasis aset masih lemah karena rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pengurus organisasi, keanggotaan asosiasi yang tidak merepresentasikan masyarakat yang ada di desa serta kuatnya saling curiga diantara anggota kelompok dan pengurus. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran dari peneliti adalah, perlu ada percakapan dan diskusi yang terus menerus dengan masyarakat dan pemimpin lokal untuk menumbuhkan kesadaran bersama serta membangun kepercayaan antar warga dengan pemimpin lokal serta adanya perbaikan kepemimpinan lokal yang lebih terbuka dan partisipasi yang luas bagi semua komponen masyarakat yang ada di desa tanpa terkecuali sehingga peran-peran semua individu,asosiasi dan istitusi dapat efektif dalam menggerakan perubahan di desa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat berbasis aset,aset lokal
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:07
Last Modified: 22 Aug 2016 10:07
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10153

Actions (login required)

View Item View Item