STRATEGI PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN DI MALIOBORO INN YOGYAKARTA

SAVITRI, DIORITA (2016) STRATEGI PENANGANAN KELUHAN PELANGGAN DI MALIOBORO INN YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tulisan ini berusaha untuk memahami tentang keluhan pelanggan yang disampaikan dan mengetahui jenis – jenis keluhan dan strategi untuk menangani keluhan. Dengan mengkategorikan keluhan maka akan lebih mudah untuk melihat penanganan. Keluhan sebagai bagian penting di dalam perusahaan yang membutuhkan rencana untuk menyusun strategi dalam memuaskan pelanggan. Strategi merupakan bagian penting untuk mempersiapkan perusahaan dalam menghadapi persoalan. Setiap strategi yang dilakukan oleh perusahaan dan diberikan kepada konsumen akan memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk lebih memperhatikan dan memecahkan serta menyelesaikan keluhan yang terjadi. Setiap perusahaan berkewajiban untuk memberikan kepuasan kepada pelanggannya. Dalam hal ini, bertanggung jawab menanggapi dan menyelesaikan keluhan yang berbeda – beda dari pelanggan. Apabila suatu perusahaan mampu merumuskan keluhan dengan baik, maka pelanggan akan merasa puas. Tindakan merespon keluhan yang ada memerlukan strategi tersendiri dan ketika ada pelanggan yang melakukan keluhan maka perusahaan dapat memberikan solusi yang terbaik. Malioboro Inn untuk menanggapi tamu mempunyai beberapa strategi terhadap keluhan pelanggan. Strategi tersebut antara lain adalah strategi pencegahan dan strategi penanganan. Strategi pencegahan adalah untuk mencegah terjadinya keluhan dari pelanggan, sedangkan strategi penaganan adalah untuk menangani keluhan yang terjadi. Pada kesempatan ini penulis melakukan penelitian di Malioboro Inn, dengan melihat persoalan keluhan dan bagaimana strategi Malioboro Inn dalam menanggapi atau menyelesaikan keluhan dari pelanggan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keluhan, strategi, penanganan
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Aug 2016 08:05
Last Modified: 23 Aug 2016 08:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10160

Actions (login required)

View Item View Item