LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT KEBUDAYAAN JEPANG MODERN DI YOGYAKARTA

WIJAYA, ANGELINA CHRISTIN (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PUSAT KEBUDAYAAN JEPANG MODERN DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahasa Nasional Negara Indonesia adalah bahasa Indonesia, yang digunakan untuk berinteraksi dengan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Pada zaman yang semakin maju, bahasa yang digunakan di Indonesia tidak hanya bahasa Indonesia saja tetapi juga bahasa-bahasa asing seperti bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris bahasa Jepang juga sudah mulai memiliki banyak peminat dan terus menerus bertambah. Di sekolah juga sudah mulai ada pembelajaran bahasa asing salah satuya bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Peminat akan bahasa dan budaya Jepang di Yogyakarta terus bertambah setiap tahunnya. Dengan terus bertambahnya peminat akan bahasa dan budaya Jepang di Yogyakarta maka masyarakat juga membutuhkan fasilitas berupa Pusat Kebudayaan Jepang. Selain untuk mewadahi masyarakat peminat bahasa dan budaya Jepang yang terus bertambah dan berlawanan dengan fasilitasnya yang belum cukup memadai, dengan adanya fasilitas ini masyarakat akan lebih mudah mempelajari bahasa dan kebudayaan Jepang. Alangkah baiknya jika dihadirkan bangunan yang mendukung fungsi edukasi dan non-edukasi. Dengan tujuan agar masyarakat dapat langsung mendatangi satu tempat jika ingin mempelajari bahasa dan budaya Jepang di Yogyakarta. Perencanaan dan perancangan Pusat Kebudayaan Jepang Modern di Yogyakarta merupakan salah satu upaya untuk memberikan wadah bagi masyarakat. Bangunan yang akan dihadirkan sebagai fasilitas pertunjukan, informasi dan edukasi yang mampu mendukung kegiatan masyarakat untuk mengenal dan mempelajari budaya Jepang melalui pendekatan Arsitektur Kontemporer yang sesuai dengan perkembangan zaman tetapi tetap memunculkan Arsitektur Jepang sebagai sarana edukatif dan rekratif dengan pengolahan tata ruang dalam dan tata ruang luar yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pusat Kebudayaan Jepang Modern, Yogyakarta, edukatif, rekreatif, Arsitektur Kontemporer, tata ruang luar, tata ruang dalam
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Aug 2016 08:59
Last Modified: 23 Aug 2016 08:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10163

Actions (login required)

View Item View Item