LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN MUSEUM VULKANOLOGI DI BERASTAGI BERDASARKAN KARAKTER ERUPSI GUNUNG SINABUNG

SIBERO, THEO SAMUDRA ANANPRATAMA (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN MUSEUM VULKANOLOGI DI BERASTAGI BERDASARKAN KARAKTER ERUPSI GUNUNG SINABUNG. S1 thesis, UAJY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Terjadinya erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo menyebabkan jatuhnya korban jiwa maupun korban materiil. Awal erupsi Gunung Sinabung terjadi pada akhir tahun 2010 dan belum berakhir sampai saat ini sehingga, 16 desa yang terletak di bawah kaki Gunung sinabung harus di evakuasi. Banyaknya korban jiwa dan materiil akibat erupsi Gunung Sinabung mengindikasikan rendahnya pengetahuan kegunungapian pada masyarakat Karo. Maka dari itu, perlu adanya Museum Vulkanologi di Kabupaten Karo sebagai salah satu sarana dan prasaraan edukasi dan informasi mengenai kegunungapian yang ada di Indonesia, terkhusus Gunung Sinabung. Museum Vulkanologi terletak di Berastagi karena berdasarkan RTRW tahun 2012 merupakan daerah pengembangan dan pariwisata. Secara spesifik terletak pada daerah wisata Bukit Gundaling yang pada sisi bagian baratnya langsung menghadap ke arah Gunung Sinabung. Konsep Museum Vulkanologi di Berastagi menerapkan pendekatan karakter fisik dan sifat erupsi Gunung Sinabung termasuk pendekatan budaya Karo. Penerapan konsep diterapkan pada suprasegmen arsitektur berupa: warna, tekstur, material, skala atau proporsi, dan bentuk yang menginterpretasikan transformasi fisik dan sifat erupsi Gunung Sinabung serta budaya Karo kedalam suasana ruang dalam dan ruang luar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 24 Aug 2016 10:24
Last Modified: 24 Aug 2016 10:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10182

Actions (login required)

View Item View Item