ANALISIS KEMACETAN LALU LINTAS AKIBAT PENGARUH HAMBATAN SAMPING PADA JALAN C. SIMANJUNTAK YOGYAKARTA

Hararya, Leonardus Kusuma (2002) ANALISIS KEMACETAN LALU LINTAS AKIBAT PENGARUH HAMBATAN SAMPING PADA JALAN C. SIMANJUNTAK YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS08146.pdf

Download (264Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS08146.pdf

Download (113Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS08146.pdf

Download (199Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS08146.pdf

Download (132Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS08146.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS08146.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TS08146.pdf

Download (1239Kb)

Abstract

Jalan C.Simanjuntak seperti pada umumnya jalan-jalan di kota Yogyakarta mempunyai jalan yang relatif kecil, ditambah ants lalu lintas yang padat dengan bangunan kontntksi kuat di samping jalan. Banyaknya aktivitas di samping jalan C. Simanjuntak pada saat ini telah menyebabkan gejala terjadinya kelambatan dan kecepatan arus berubah ubah, sehingga sangat potensial untuk terjadinya kemacetan. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis kapasitas sesungguhnya, derajat kejenuhan, kecepatan sesungguhnya kendaraan ringan dan menghitung besarnya kontribusi masing masing faktor hambatan samping pada arus lalu lintas jalan C. Simanjuntak. Penelitian dilakukan pada suatu ruas jalan dari jalan C. Simanjuntak Yogyakarta, yaitu ruas fotokopy Angkasa sampai kedai Pujayo dan ruas kedai Pujayo sampai Harrisma computer dengan jarak masing masing 200 m. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Data primer didapat dengan melakukan survei lalu lintas pads jalan C. Simanjuntak yang terdiri dari survei arus lalu lintas, survei kecepatan tempuh serta survei hambatan samping yang dilaksanakan pada hail Jumat, 25 Mei 2001, Sabtu, 26 Mei 2001 dan Senin, 28 Mei 2001, dan berdasarkan data primer dapat diprediksi kapasitas sesungguhnya, derajat kejenuhan dan kecepatan sesungguhnya kendaraan ringan dengan hitungan MKJI 1997, sedangkan untuk menghitung besarnya kontnbusi masing masing faktor hambatan samping pada arus Wu lintas jalan C. Simanjuntak secara matematis digunakan Analisis Regresi. Dari hasil analisis regresi pada arah utara selatan persamaan model yang paling balk adalah Y = 27,440 - 0,0285.X1 - 0,147.X3 - 0,114.X4 + 0,0827.X6 dengan hasil uji statistik R2 = 0,891, F = 31,970 dan Std Errorof the estimate = 0,8654, sehingga dari persamaan diatas faktor hambatan samping yang berpengaruh terhadap variasi kecepatan tempuh padajalan C.Simanjuntak adalah faktor kendaraan ringan berhenti, kendaraan berat berhenti, dan kendaraan keluar jalan , sedangkan untuk arah selatan utara persamaan model yang paling balk adalah Y = 26,493 - 0,029.X1 - 0,04745.X2 - 0,06827.X3 - 0,0266.X5 +0,00058.X6 0,00275.X7 dengan hasil uji statistik R2 = 0,958, F = 63,836 dan Std Error of the estimate = 0,4360, sehingga dari persamaan diatas faktor hambatan samping yang berpengaruh terhadap variasi kecepatan tempuh pada jalan C.Simanjuntak adalah faktor pejalan kaki, kendaraan ringan berhenti, kendaraan tak benmotor, kendaraan keluarjalan dan kendaraan masuk jalan. Dalam perhitungan Manual kapasitas Jalan Indonesia 1997 bahwa kondisi paling bagus pada jalan C. Simanjuntak adalah tanpa kendaraan ringan berhenti (LV.B), kendaraan berat berhenti (HV.B) dan tanpa kendaraan tak bermotor (KTB).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas, derajat kejenuhan, kecepatan, analisis Regresi, MKJI 1997
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Aug 2016 11:17
Last Modified: 30 Aug 2016 11:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10211

Actions (login required)

View Item View Item