Kurniawan, Beny (2004) PERENCANAAN DAN PERANCANGAN LAPIS PERKERASAN LAPANGAN TERBANG DI PEMALANG, JAWA TENGAH. S1 thesis, UAJY.
Text (Halaman Judul)
0TS08714.pdf Download (191kB) |
|
Text (Bab I)
1TS08714.pdf Download (94kB) |
|
Text (Bab II)
2TS08714.pdf Download (354kB) |
|
Text (Bab III)
3TS08714.pdf Download (698kB) |
|
Text (Bab IV)
4TS08714.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (Bab V)
5TS08714.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
|
Text (Bab VI)
6TS08714.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
|
Text (Bab VII)
7TS08714.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pengembangan lapangan terbang ditinjau dari segi kecepatan dan keamanan transportasi, agar sebuah lapangan terbang mampu melayani pendaratan dan lepas landas dengan aman dan nyaman. Pada Tugas Akhir ini dibahas mengenai penentuan tebal perkerasan lapangan terbang di Pemalang yang saat ini hanya berupa rumput dan belum pernah digunakan. Jenis pesawat yang digunakan sebagai pesawat kritis adalah pesawat ringan STOL (Short take off and landing) DeHahiland Twin Otter DHC 6. Penentuan tebal menggunakan metoda yang diakui oleh ICAO, yaitu metoda CBR (California Bearing Ratio), metoda LCN (Load Classification Number), dan metoda FAA (Federal Aviation Administration). Ketiga metoda ini didasarkan pada nilai CBR subgrade, Nilai CBR subgrade yang didapat dari tes CBR laboratorium. Kesimpulan hasil penelitian adalah ketebalan metode CBR 64 cm dengan tegangan vertikal (a,), tegangan horisontal (ar), dan lendutan (AZ) masing-masing 8,5 Psi; 0,18 Psi; 0,03 Inchi, metoda FAA menghasilkan ketebalan 39,4 cm dengan tegangan vertikal (a,) 19,08 Psi, tegangan horisontal (ar) 0,96 Psi dan lendutan (AZ) 0,08 inchi dan metoda LCN menghasilkan ketebalan 58 cm dengan tegangan vertikal (a,) 10,04 Psi, tegangan horisontal (ar) 0,25 Psi, dan lendutan (AZ) 0,04 inchi, ketebalan yang dihasilkan di atas menggunakan nilai CBR 4,38%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkerasan lentur, landas pacu, pesawat kritis, CBR subgrade, ketebalan |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 31 Aug 2016 08:05 |
Last Modified: | 31 Aug 2016 08:05 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10213 |
Actions (login required)
View Item |