PERENCANAAN DAN PERANCANGAN LAPIS PERKERASAN LAPANGAN TERBANG DI PEMALANG, JAWA TENGAH

Kurniawan, Beny (2004) PERENCANAAN DAN PERANCANGAN LAPIS PERKERASAN LAPANGAN TERBANG DI PEMALANG, JAWA TENGAH. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS08714.pdf

Download (186Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS08714.pdf

Download (92Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS08714.pdf

Download (346Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS08714.pdf

Download (681Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS08714.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1081Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS08714.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TS08714.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108Kb)
[img] Text (Bab VII)
7TS08714.pdf

Download (1019Kb)

Abstract

Pengembangan lapangan terbang ditinjau dari segi kecepatan dan keamanan transportasi, agar sebuah lapangan terbang mampu melayani pendaratan dan lepas landas dengan aman dan nyaman. Pada Tugas Akhir ini dibahas mengenai penentuan tebal perkerasan lapangan terbang di Pemalang yang saat ini hanya berupa rumput dan belum pernah digunakan. Jenis pesawat yang digunakan sebagai pesawat kritis adalah pesawat ringan STOL (Short take off and landing) DeHahiland Twin Otter DHC 6. Penentuan tebal menggunakan metoda yang diakui oleh ICAO, yaitu metoda CBR (California Bearing Ratio), metoda LCN (Load Classification Number), dan metoda FAA (Federal Aviation Administration). Ketiga metoda ini didasarkan pada nilai CBR subgrade, Nilai CBR subgrade yang didapat dari tes CBR laboratorium. Kesimpulan hasil penelitian adalah ketebalan metode CBR 64 cm dengan tegangan vertikal (a,), tegangan horisontal (ar), dan lendutan (AZ) masing-masing 8,5 Psi; 0,18 Psi; 0,03 Inchi, metoda FAA menghasilkan ketebalan 39,4 cm dengan tegangan vertikal (a,) 19,08 Psi, tegangan horisontal (ar) 0,96 Psi dan lendutan (AZ) 0,08 inchi dan metoda LCN menghasilkan ketebalan 58 cm dengan tegangan vertikal (a,) 10,04 Psi, tegangan horisontal (ar) 0,25 Psi, dan lendutan (AZ) 0,04 inchi, ketebalan yang dihasilkan di atas menggunakan nilai CBR 4,38%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perkerasan lentur, landas pacu, pesawat kritis, CBR subgrade, ketebalan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 31 Aug 2016 08:05
Last Modified: 31 Aug 2016 08:05
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10213

Actions (login required)

View Item View Item