PERMODELAN DAN ANALISA STRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN REKAMAN DATA GEMPA YANG TERJADI DI INDONESIA

Anggraeni, Dian Rosita (2001) PERMODELAN DAN ANALISA STRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN REKAMAN DATA GEMPA YANG TERJADI DI INDONESIA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS08548.pdf

Download (207Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS08548.pdf

Download (178Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS08548.pdf

Download (213Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS08548.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS08548.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS08548.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TS08548.pdf

Download (1363Kb)

Abstract

Tahun 1995-2000 di Indonesia terjadi banyak sekali gempa besar dengan magnitude lebih dari 6 Skala Richter, diantaranya gempa Bengkulu, gempa Pandeglang, dan gempa Mangole. Hal itu tentunya bisa menimbulkan pengaruh bagi pembangunan suatu struktur yang mempergunakan beban gempa bila masih mempergunakan perencanaan berdasarkan respons spektrum rencana gempa-gempa terdahulu. Berdasarkan hal tersebut di atas maka direncanakan suatu respons spektrum rencana dengan pemodelan struktur Single Degree of Freedom (SDOF) dengan Analisis Riwayat Waktu (Time History Analysis) yang mempergunakan program bantu ETABS. Respons spektrum rencana yang didapat dibedakan menjadi dua yaitu untuk tanah keras dengan asumsi jepit dan tanah lunak dengan asumsi spring atau pegas.Konstanta kekakuan pada dukungan spring diperoleh dari data tanah Jalan Solo-Sragen dengan kedalaman 7,00 m dan kedalaman muka air tanah 2,90 m. Untuk konstanta kekakuan yang makin kecil menghasilkan respons spektrum yang lebih besar. Respons spektrum rencana yang didapat dalam bentuk Sa versus time dan tidak dibagi menjadi 6 zone seperti yang terdapat pads Pedoman Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Rumah dan Gedung tahun 1987 karena beban gempa yang dipakai sudah mewakili berbagai daerah di Indonesia. Respons spektrum rencana yang dibuat itu dibagi menjadi 3 damping rasio yaitu 0,02 ; 0,05 ; 0,1 menurut jenis bahan yang diperganakan pads struktur.Hasil yang didapat ternyata respons spektrum rencana hasil tugas akhir ini lebih besar bila dibandingkan dengan respons spektrum rencana pada peraturan. Hal ini terjadi karena beban gempa yang sekarang lebih besar bila dibandingkan beban gempa terdahulu, jumlah gempa yang digunakan lebih sedikit, dan metoda pembuatannya yang berbeda. Langkah berikutnya dibuat pemodelan Multi Degree of Freedom (MDOF) 3D dengan 10 lantai yang kemudian mempergunakan Analisis Respons Spektrum dari respons spektrum rencana hasil tugas akhir dan respons spektrum rencana dari peraturan. Hasil yang berupa lateral displacement dan momen kolom pads struktur yang dikenai respons spektrum rencana pads tugas akhir ini ternyata lebih besar daripada struktur yang dikenai respons spektrum rencana pada peraturan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gempa, Analisis Riwayat Waktu (Time History Analysis), Analisis Respons Spektrum (Respons Spectrum Analysis), Respons Spektrum Rencana, damping rasio, Single Degree of Freedom (SDOF), Multi Degree of Freedom (MDOF).
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Sep 2016 08:00
Last Modified: 09 Sep 2016 08:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10290

Actions (login required)

View Item View Item