ANALISIS JARAK PANDANGAN BEBAS PADA PERSIMPANGAN JALAN KUSUMANEGARA DAN JALAN SUKONANDI

Ambarwati, Yulia Tri (2003) ANALISIS JARAK PANDANGAN BEBAS PADA PERSIMPANGAN JALAN KUSUMANEGARA DAN JALAN SUKONANDI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman judul)
0TS08972.pdf

Download (195kB)
[img] Text (Bab I)
1TS08972.pdf

Download (98kB)
[img] Text (Bab II)
2TS08972.pdf

Download (86kB)
[img] Text (Bab III)
3TS08972.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS08972.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (Bab V)
5TS08972.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (Bab VI)
6TS08972.pdf

Download (807kB)

Abstract

Persimpangan adalah tempat yang memiliki proporsi utama dalam hal hambatan perjalanan. Pada persimpangan seringkali terdapat objek diam yang mengganggu pandangan pengemudi scat hendak berbelok. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh adanya pagar di sisi persimpangan terhadap pandangan bebas pengemudi kendaraan saat memasuki persimpangan dan untuk membandingkan nilai jarak berhenti yang diperoleh secara teori dengan nilai jarak berhenti yang diukur langsung di lapangan. Persimpangan yang ditinjau terletak pada Jalan Kusumaiiegara dan Jalan Sukonandi dan jarak pandang yang ditinjau adalah jarak berhenti. Survei dilaksanakan selama 3 hari untuk mencatat waktu tempuh kendaraan yang akan memasuki persimpangan sepanjang 50 meter sebelum titik konflik sampai ke titik konflik. Langkah berikutnya adalah mengolah data yang ada untuk mengetahui nilai kecepatan dan jarak berhenti. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa adanya pagar di sisi persimpangan menyebabkan gaugguan pandangan bagi pengemudi, sehingga pengemudi harus lebih waspada dengan menurunkan kecepatannya jauh sebelum memasuki persimpangan dan hal ini mengakibatkan penambahan waktu tempuh perjalanan. Sementara itu, berbahaya atau tidaknya pagar di sisi persimpangan tergantung dari kecepatan yang diambil. Dan hasil perhitungan, nilai jarak berhenti secara teori antara 27 s/d 57 meter sedangkan untuk nilal jarak berhenti dari pengukuran di lapangan adalah 16,45 dan 16,60 meter.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persimpangan, kecepatan, jarak berhenti.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Sep 2016 11:21
Last Modified: 09 Sep 2016 11:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10294

Actions (login required)

View Item View Item