PENGUKURAN KINERJA KELOMPOK AKTIVITAS BAGIAN MAIN ASSY BIG BUS PADA PT. MEKAR ARMADA JAYA MAGELANG

Mandasari , Laurensia Kartika (2016) PENGUKURAN KINERJA KELOMPOK AKTIVITAS BAGIAN MAIN ASSY BIG BUS PADA PT. MEKAR ARMADA JAYA MAGELANG. . pp. 1-11.

[img] Text
JURNALEA20015.pdf

Download (886kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) standar waktu pengerjaan setiap aktivitas pada bagian main assy big bus PT. Mekar Armada Jaya dengan time and motion study, (2) aktivitas-aktivitas yang bernilai tambah dan tidak bernilai tambah, (3) biaya yang bernilai tambah dan biaya tidak bernilai tambah yang terjadi , dan (4) mengetahui kinerja proses / kelompok aktivitas pada bagian main assy big bus PT. Mekar Armada Jaya di bulan Oktober 2015. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara : (1) wawancara ke bagian main assy big bus untuk memperoleh data mengenai aktivitas proses produksi dan ke bagian akuntansi untuk memperoleh data mengenai sumber daya ekonomi yang digunakan dalam memproduksi body bus besar, (2) observasi secara langsung di lapangan untuk mendapatkan data- data yang diperlukan. Dari hasil penelitian pada bagian main assy big bus PT. Mekar Armada Jaya diketahui: (1) standar waktu pengerjaan body pada bagian main assy big bus adalah 8 hari, (2) aktivitas-aktivitas yang dilakukan pada bagian main assy big bus memiliki aktivitas yang tidak bernilai tambah, yaitu aktivitas perpindahan pada setiap pos dan aktivitas menunggu, (3) pada laporan biaya aktivitas bernilai tambah dan tidak bernilai tambah ditemukan Jumlah biaya aktivitas yang bernilai tambah sebesar Rp. 65.028.691,21 dengan presentase 74,30% dan biaya aktivitas tidak bernilai tambah sebesar Rp. 22.493.100,46 dengan presentase 25,70% yang berpotensial untuk dihilangkan, (4) Kinerja kelompok aktivitas pada proses Set up panel lantai dan cowl/Pos IV serta Set up panel lambung bawah/Pos VII sudah efisien karena menghasilkan nilai MCE > 0,80, yaitu 0,98 dan 0,99. Sedangkan kelompok aktivitas mekanik modifikasi, persiapan chasis, set up lantai, set up rangka, set up panel lambung atas, set up panel lambung atas dan step, serta finishing body belum efisien, karena MCE dari kelompok aktivitas tersebut masih dibawah 0,80.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Bernilai Tambah, Aktivitas Tidak Bernilai Tambah, Activity-Based Management, Time and Motion Study, Manufacturing Cycle efficiency
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 09 Sep 2016 12:24
Last Modified: 09 Sep 2016 12:24
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10299

Actions (login required)

View Item View Item