PERSEPSI DAN SIKAP PEROKOK TERHADAP INOVASI KEMASAN, WARNA DAN GAMBAR PERINGATAN KESEHATAN : STUDI EKSPLORASI DESAIN KEMASAN

Asri, Girang Permata (2012) PERSEPSI DAN SIKAP PEROKOK TERHADAP INOVASI KEMASAN, WARNA DAN GAMBAR PERINGATAN KESEHATAN : STUDI EKSPLORASI DESAIN KEMASAN. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM17215.pdf

Download (721kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM17215.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM17215.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM17215.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM17215.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EM17215.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan mengeksplorasi persepsi perokok berat terhadap inovasi kemasan, warna dan gambar peringatan kesehatan. Tujuan berikutnya adalah menggali pemaknaan individu mengenai karakter psikologis informan. Penetapan informan dilakukan dengan survei awal untuk mendapatkan kriteria yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Dari sepuluh orang yang mengikuti proses survey awal hanya delapan informan pria dan wanita yang memenuhi kriteria. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Grounded Theory dengan melakukan wawancara mendalam (indepth interview). Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan secara garis besar bahwa perokok pria memberikan kesan bahwa metode membuka kemasan baik tipe fliptop, lighter maupun tipe novel / buku tidak berpengaruh pada aroma maupun rasa bagi rokok itu sendiri. Sedangkan perokok wanita memberikan kesan yang berbeda, metode membuka kemasan dapat berpengaruh terhadap aroma dan rasa rokok. Walaupun kesan yang diberikan oleh perokok pria dan perokok wanita berbeda, namun perokok pria dan wanita lebih menyukai kemasan dengan tipe fliptop. Temuan berikutnya mengenai sikap perokok pria maupun perokok wanita menyukai kemasan rokok dengan warna merah, hal ini dikarena kemasan dengan warna merah memberikan kesan bahwa rokok tersebut adalah rokok berat, yaitu rokok yang dengan kandungan tar dan nikotin yang cukup tinggi sehingga menyebabkan terasa berat pada saat dihisap. Temuan yang terakhir Perokok pria dan perokok wanita memberikan tanggapan bahwa pencantuman gambar peringatan kesehatan pada kemasan rokok tidak efektif mempengaruhi seseorang untuk berhenti merokok. Perokok pria dan perokok wanita lebih memilih kalimat peringatan kesehatan pada kemasan rokok. Hal itu dikarenakan perokok merasa gambar tersebut mengerikan, menjijikan, bahkan dapat menghilangkan nafsu makan setiap melihat gambar kerusakan anggota tubuh yang disebabkan karena merokok.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Inovasi Kemasan, Konsumsi Rokok, Persepsi Konsumen, Warna Kemasan
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Apr 2013 11:39
Last Modified: 03 May 2013 13:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1031

Actions (login required)

View Item View Item