PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA INDIVIDU PADA BALAI PEMANTAPAN KAWASAN HUTAN WILAYAH XI JAWA - MADURA

Nako, Natalie PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA INDIVIDU PADA BALAI PEMANTAPAN KAWASAN HUTAN WILAYAH XI JAWA - MADURA. .

[img] Text
JURNALEA18864.pdf

Download (975Kb)

Abstract

Unit Pelaksana Teknis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai salah satu organisasi sektor publik membutuhkan sistem informasi untuk melaksanakan pengelolaan keuangan pemerintah pusat. Penelitian ini menguji kembali pengaruh penerapan sistem informasi akuntansi terhadap kinerja individu pada BPKH Wilayah XI Jawa-Madura. Pengaruh yang diteliti adalah sistem informasi akuntansi dan kinerja individu. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang dikirimkan kepada 38 pegawai negeri sipil (PNS) yang bekerja pada Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah XI Jawa-Madura. Kuisioner yang diterima kembali dari responden sebanyak 38 kuesioner, dan 38 kuesioner dapat digunakan untuk analisis selanjutnya. Analisis data menggunakan teknik Simple Regression Analysis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja individu. Hasil penelitian ini konsisten dengan hasil penelitian terdahulu yang telah dilakukan oleh Anggraini (2011), Sitepu (2013) dan Astuti (2008). Selain itu hasil penelitian ini juga mengemukakan bahwa variabel independen mampu mempengaruhi kinerja individu pemerintah hanya sebesar 76%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Kinerja Individu, Sistem Informasi Akuntansi, Organisasi Sektor Publik
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Sep 2016 10:19
Last Modified: 13 Sep 2016 10:19
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10312

Actions (login required)

View Item View Item