PERBEDAAN KINERJA PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH SEASONED EQUITY OFFERINGS (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA 2007-2012)

Joshua, Billy (2016) PERBEDAAN KINERJA PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH SEASONED EQUITY OFFERINGS (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA 2007-2012). . pp. 1-14.

[img] Text
JURNALEM19907.pdf

Download (577kB)

Abstract

Seasoned Equity Offerings merupakan sebuah keputusan pendanaan yang dilakukan perusahaan dengan menerbitkan saham tambahan yang mekanismenya dilakukan setelah Initial Public Offerings. Terdapat dua cara pelaksanaan SEO yaitu dengan menerbitkan right issue dan additional listing without right issue. Cara pelaksanaan SEO yang digunakan dalam penelitian ini adalah additional listing without right issue. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan ada tidaknya perbedaan kinerja keuangan dan kinerja saham sebelum dan sesudah SEO. Alat pengukuran kinerja keuangan yang dipakai adalah CR, ROA, TAT, NPM, DER, PBV, sedangkan untuk alat pengukuran kinerja saham menggunakan return saham. Perusahaan yang dijadikan populasi penelitian adalah perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia yang melakukan SEO pada tahun 2007-2012, yaitu 30 perusahaan yang dijadikan sampel penelitian. Alat uji yang digunakan adalah Paired Sample T-Test dan Wilcoxon Signed Ranks Test. Pengujian ini menggunakan program SPSS 17.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kinerja keuangan dan kinerja saham. Indikator kinerja keuangan dan saham tersebut adalah CR, ROA, NPM, PBV, dan return saham.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Seasoned Equity Offerings, right issue, additional listing without right issue, kinerja keuangan, kinerja saham, return saham.
Subjects: Manajemen > Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 14 Sep 2016 10:42
Last Modified: 14 Sep 2016 10:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10328

Actions (login required)

View Item View Item