PERAN SEKTOR PARIWISATA DALAM PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN TABANAN TAHUN 1990-2014

Wulandari, Ni Komang Sri (2016) PERAN SEKTOR PARIWISATA DALAM PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN TABANAN TAHUN 1990-2014. . pp. 1-15.

[img] Text
JURNALEP18777.pdf

Download (754kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah kunjungan wisatawan, jumlah hotel, belanja modal, dan jumlah sarana angkutan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tabanan tahun 1990-2014. Variabel dalam penelitian ini adalah Pendapatan Asli Daerah sebagai variabel dependen dan jumlah kunjungan wisatawan, jumlah hotel, belanja modal, dan jumlah sarana angkutan sebagai variabel independen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik, Dinas Pariwisata, dan Dinas Pendapatan Kabupaten Tabanan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan metode Ordinary Least Square (OLS). Penulis menggunakan Eviews8 untuk mengolah data. Analisis memberikan kesimpulan bahwa : jumlah kunjungan wisatawan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap PAD, jumlah sarana angkutan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap PAD, sedangkan jumlah hotel dan belanja modal tidak berpengaruh signifikan terhadap PAD.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah, sektor pariwisata, kunjungan wisatawan, jumlah hotel, belanja modal, sarana angkutan.
Subjects: Ilmu Ekonomi > Swadaya Manusia
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 16 Sep 2016 11:02
Last Modified: 16 Sep 2016 11:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10351

Actions (login required)

View Item View Item