PENGARUH KREDIBILITAS PERUSAHAAN DAN KREDIBILITAS MODEL IKLAN TERHADAP SIKAP PADA IKLAN FATIGON SPIRIT DI TELEVISI

Hariadi, Agustinus (2004) PENGARUH KREDIBILITAS PERUSAHAAN DAN KREDIBILITAS MODEL IKLAN TERHADAP SIKAP PADA IKLAN FATIGON SPIRIT DI TELEVISI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EM11027.pdf

Download (188kB)
[img] Text (Bab I)
1EM11027.pdf

Download (87kB)
[img] Text
2EM11027.pdf

Download (242kB)
[img] Text
3EM11027.pdf

Download (191kB)
[img] Text
4EM11027.pdf

Download (269kB)
[img] Text
0EM11027.pdf

Download (188kB)
[img] Text
5EM11027.pdf

Download (368kB)
[img] Text (Bab II)
2EM11027.pdf

Download (242kB)
[img] Text (Bab III)
3EM11027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM11027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (Bab V)
5EM11027.pdf

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mengetahui pengaruh kredibilitas model iklan dan kredibilitas perusahaan terhadap sikap iklan Fatigon Spirit di televisi, dan (2) untuk mengetahui variabel yang paling dominan pengaruhnya antara kredibilitas model iklan dan kredibilitas perusahaan terhadap sikap pada iklan produk Fatigon Spirit di televise. Penelitian dilakukan di Kota Yogyakarta dengan menggunakan 150 orang responder yang dilakukan secara purposive sampling. Dalam pengujian hipotesis penelitian ini digunakan model regresi linier berganda dengan variabel terikat. Sikap terhadap iklan Fatigon Spirit, sedangkan variabel bebasnya adalah Kredibilitas Model iklan dan Kredibilitas Perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Kredibilitas Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap Sikap terhadap Iklan (Y) (t=3.878; p=0.000). Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kredibilitas perusahaan menurut persepsi pemirsa, maka akan semakin baik sikap permirsa terhadap iklan yang ditayangkan. (2) Kredibilitas Model Man berpengaruh positif signifikan terhadap Sikap terhadap Iklan (Y) (t=11.202; p=0.000). Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kredibilitas model ikaann menurut persepsi pemirsa, maka akan semakin baik sikap pemirsa terhadap iklan yang ditayangkan. (3) Kredibilitas model iklan lebih berpengaruh terhadap Sikap dibanding Kredibilitas Perusahaan, hal ini ditunjukkan oleh koefisien regresi baku Kredibilitas model Iklan sebesar 0,677; sedangkan koefisien regresi baku Kredibilitas Perusahaan sebesar 0.234. Saran yang disampaikan kepada pihak manajemen adalah : (1) Pihak manajemen diharapkan lebih memberikan perhatian yang serius untuk mengetahui sebaik atau sejauh mana sikap konsumen terhadap iklan yang ditayangkan melaului televisi, dan (2) Pihak manajemen secara berkala melakukan survey terhadap sikap konsumen terhadap Man Fatigon, misalnya dalam periode tiga bulanan atau enam bulanan. Hal ini dengan pemikiran bahwa, melalui survey tersebut pihak manajer akan dapat memantau dan mengukur perubahan sikap konsumen terhadap iklan Fatigon Spirit, yang selanjutnya hasil survei ini dapat digunakan untuk merumuskan kembali strategi atau kebijakan periklanannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas model iklan, kredibilitas perusahaan, purposive sampling, koefisien regresi baku
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Sep 2016 09:09
Last Modified: 21 Sep 2016 09:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10365

Actions (login required)

View Item View Item