PENGARUH TINGKAT KEPUASAN PADA BRAND DAN TINGKAT KETERLIBATAN PADA BRAND COMMUNITY TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Tingkat Kepuasan pada Brand dan Tingkat Keterlibatan pada Brand Community Terhadap Loyalitas Merek pada Komunitas Vario dan Di Kontrol Oleh Faktor Usia dan Tingkat Pengeluaran)

Ikanovita, Christina Vera (2011) PENGARUH TINGKAT KEPUASAN PADA BRAND DAN TINGKAT KETERLIBATAN PADA BRAND COMMUNITY TERHADAP LOYALITAS MEREK (Studi Eksplanatif Kuantitatif Pengaruh Tingkat Kepuasan pada Brand dan Tingkat Keterlibatan pada Brand Community Terhadap Loyalitas Merek pada Komunitas Vario dan Di Kontrol Oleh Faktor Usia dan Tingkat Pengeluaran). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0KOM02953.pdf

Download (1312Kb)
[img] Text (Bab I)
1KOM02953.pdf

Download (2630Kb)
[img] Text (Bab II)
2KOM02953.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1320Kb)
[img] Text (Bab III)
3KOM02953.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2639Kb)
[img] Text (Bab IV)
4KOM02953.pdf

Download (3690Kb)

Abstract

Setiap pemilik merek mengharapkan loyalitas dari para konsumen. Konsumen yang loyal dapat membentuk pasar yang stabil dan mempertahankan kelangsungan merek selama mungkin. Vario sebagai salah satu merek sepeda motor skuter otomatik (skutik) juga mengharapkan loyalitas konsumen. Di ranah konsumen, ada komunitas merek yang yang berorientasi pada merek Vario yang bernama Vario Semarang dan Jogja Vario Rider Club (J’VORC). Komunitas ini mewadahi para pengguna sepeda motor skutik Vario di wilayah Semarang dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Vario Semarang dan J’VORC adalah komunitas independen yang tidak tergantung pada prinsipal Astra Honda Motor. Di dalam komunitas tersebut para konsumen Vario berinteraksi dan berdiskusi sehingga mereka semakin erat berhubungan dengan merek Honda. Kondisi tersebut dapat membangun loyalitas merek terhadap Honda Vario dengan baik. Kondisi yang positif dalam komunitas tersebut mnejadi basis penelitian untuk melihat bagaimana pengaruh tingkat kepuasan pada brand dan tingkat keterlibatan pada brand community terhadap loyalitas merek Vario. Untuk menjawab bagaimana pengaruh tersebut, teori-teori yang digunakan adalah teori merek (brand), teori komunitas merek (brand community), teori kepuasan konsumen, teori keterlibatan konsumen, dan teori loyalitas merek. Tingkat kepuasan pada brand dan tingkat keterlibatan pada brand community merupakan variabel bebas. Loyalitas terhadap merek merupakan variabel terikat, dan faktor usia serta tingkat pengeluaran merupakan variabel kontrol, yakni yang akan mengontrol pengaruh. Kepuasan pada brand diukur melalui aspek performance, features, reliability, conformance to specifications, durability, serviceability, estetika, dan perceived quality. Keterlibatan pada brand community diukur melalui sepuluh aspek dari Personal Involvement Inventory. Sementara itu loyalitas merek diukur dari loyalitas perilaku (behavioral) dan loyalitas sikap (attitudinal). Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada 58 responden dengan kriteria merupakan konsumen sepeda motor Vario dan terdaftar sebagai anggota komunitas Vario Semarang dan J’VORC. Teknik analisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi, dan regresi linier berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan nilia regresi linier berganda antara kepuasan pada brand dan keterlibatan pada brand community terhadap loyalitas merek sebesar 0,705 dengan signifikansi 0,000. Nilai regresi berganda antara antara kepuasan pada brand dan keterlibatan pada brand community terhadap loyalitas merek dikontrol oleh faktor usia sebesar 0,710 dengan signifikansi 0,000 sedangkan nilai regresi berganda antara antara kepuasan pada brand dan keterlibatan pada brand community terhadap loyalitas merek dikontrol oleh tingkat pengeluaran sebesar 0,721 dengan signifikansi 0,000. Hasil yang telah didapat menjawab hipotesis penelitian, yaitu tingkat kepuasan pada brand (X1) dan tingkat keterlibatan pada brand community (X2) mempengaruhi loyalitas merek (Y) Vario dan faktor usia dan tingkat pengeluaran mengontrol pengaruh tingkat kepuasan pada brand (X1) dan tingkat keterlibatan pada brand community (X2) mempengaruhi loyalitas merek (Y) Vario. Penelitian ini hanya melihat pengaruh tingkat kepuasan pada brand dan tingkat keterlibatan pada brand community secara keseluruhan dalam komunitas independen. Masih terbuka untuk penelitian lebih lanjut dengan melihat perbedaan tingkat kepuasan pada brand dan tingkat keterlibatan pada brand community di komunitas yang dibentuk oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tingkat kepuasan pada brand, tingkat keterlibatan pada brand community, loyalitas merek
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 29 Apr 2013 11:50
Last Modified: 01 May 2013 08:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1037

Actions (login required)

View Item View Item