PERUMUSAN PERENCANAAN STRATEGIS DALAM PERUSAHAAN KELUARGA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD

Kumalasari, Celia (2016) PERUMUSAN PERENCANAAN STRATEGIS DALAM PERUSAHAAN KELUARGA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD. . pp. 1-13.

[img] Text
JURNALEM19363.pdf

Download (912kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan strategi yang telah diformulasikan dengan menggunakan Balanced Scorecard pada toko besi dan bahan bangunan CV. Selomas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, sehingga teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada pemilik perusahaan CV. Selomas dan melakukan observasi di lokasi penelitian yang berada di Jalan Pramuka 58, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Proses perumusan perencanaan strategis yang dilakukan pada CV. Selomas meliputi beberapa tahap, antara lain menentukan visi, misi, dan tujuan perusahaan; melakukan analisis SWOT; mengidentifikasikan perspektif-perspektif dalam Balanced Scorecard; menciptakan strategy map; menentukan sasaran strategis, lag indicators, lead indicators, dan target; menentukan inisiatif strategis; dan akhirnya terciptalah rumusan rencana strategi perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT dalam perumusan perencanaan strategi perusahaan dengan tujuan dapat membantu perusahaan mengidentifikasi posisi perusahaan dalam lingkungan persaingan bisnisnya sehingga dapat menghasilkan strategi yang sesuai dengan faktor-faktor strategis yang dimiliki perusahaan dan kemudian strategi-strategi tersebut disesuaikan dengan empat perspektif dalam Balanced Scorecard. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tahap perumusan perencanaan strategis yang dilakukan oleh CV. Selomas secara umum sudah sesuai dengan prinsip-prinsip dalam Balanced Scorecard, dimana keempat perspektif dalam Balanced Scorecard yang meliputi perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan memiliki hubungan yang saling terkait.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: manajemen strategik, formulasi strategi, analisis SWOT, Balanced Scorecard.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Sep 2016 09:47
Last Modified: 22 Sep 2016 09:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10380

Actions (login required)

View Item View Item