ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG PADA MEREK SMARTPHONE SAMSUNG DAN IPHONE

Christie, Chandramely Novi (2016) ANALISIS PENGARUH ELECTRONIC WORD-OF-MOUTH DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG PADA MEREK SMARTPHONE SAMSUNG DAN IPHONE. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EM19372.pdf

Download (1940Kb)
[img] Text (BAB I)
1EM19372.pdf

Download (153Kb)
[img] Text (BAB II)
2EM19372.pdf

Download (322Kb)
[img] Text (BAB III)
3EM19372.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215Kb)
[img] Text (BAB IV)
4EM19372.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232Kb)
[img] Text (BAB V)
5EM19372.pdf

Download (920Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh electronic wordof- mouth terhadap niat pembelian ulang, (2) pengaruh citra merek terhadap niat pembelian ulang, dan (3) pengaruh electronic word-of-mouth dan citra merek secara bersama-sama terhadap niat pembelian ulang pada merek smartphone Samsung dan iPhone. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan responden sebanyak 294 respoden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan mengirimkan link kuesioner dari google forms kepada teman-teman di BBM dan LINE. Kuesioner berisikan 12 item pernyataan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda dan independent sample t-test. Hasil pengujian data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word-of-mouth tidak berpengaruh positif terhadap niat pembelian ulang, citra merek berpengaruh positif terhadap niat pembelian ulang, serta electronic wordof-mouth dan citra merek secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap niat beli ulang. Berdasarkan hasil uji beda yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penilaian pengguna smartphone Samsung terhadap electronic word-of-mouth. Pengguna smartphone Samsung yang berjenis kelamin laki-laki lebih memperhatikan electronic word-of-mouth dibandingkan dengan perempuan, berbeda dengan pengguna smartphone iPhone yang ditemukan tidak terdapat perbedaan penilaian yang signifikan. Selain itu, pada penelitian ini juga menunjukkan tidak ada perbedaan penilaian yang berarti pada pengguna Samsung maupun iPhone atas citra merek dan niat beli ulang berdasarkan perbedaaan jenis kelamin, dan tidak ada perbedaan penilaian pengguna smartphone Samsung dan iPhone atas electronic word-of-mouth, citra merek, dan niat beli ulang berdasarkan pendapatan dan/ uang saku per bulan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: electronic word-of-mouth, citra merek, dan niat pembelian ulang.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Sep 2016 10:34
Last Modified: 23 Sep 2016 10:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10387

Actions (login required)

View Item View Item