ANALISIS TINGKAT PEMBOROSAN PERSEDIAAN TIDAK TAHAN LAMA DENGAN MENERAPKAN METODE SIMULASI MONTE CARLO STUDI PADA PALANG MERAH INDONESIA DI CABANG KOTA YOGYAKARTA

Kurniawan, Ade (2016) ANALISIS TINGKAT PEMBOROSAN PERSEDIAAN TIDAK TAHAN LAMA DENGAN MENERAPKAN METODE SIMULASI MONTE CARLO STUDI PADA PALANG MERAH INDONESIA DI CABANG KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EM20080.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
1EM20080.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB II)
2EM20080.pdf

Download (161kB)
[img] Text (BAB III)
3EM20080.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (BAB IV)
4EM20080.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text (BAB V)
5EM20080.pdf

Download (521kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemborosan persediaan tidak tahan lama (darah), mengetahui apa saja yang mempengaruhi tingkat pemborosan persediaan di Palang Merah Indonesia Cabang Kota Yogyakarta dan apakah jumlah darah yang telah kadaluwarsa dapat diminimalisir. Metodologi penelitian dalam peneitian penulis adalah Wawancara dengan Kepala Bagian Administra PMI Cabang Kota Yogyakarta, Observasi dengan cara mempelajari dokumen dan laporan di PMI yang berhubungan dengan data yang diperlukan misalnya SOP penyimpanan darah, dan Studi Pustaka dilakukan dengan melihat penelitian – penelitian terdahulu. Data yang dibutuhkan adalah data jumlah permintaan dan darah kadaluwarsa jenis darah Packed Red Cell (PRC) dan Whole Blood (WB) untuk golongan darah A,B,O dan AB dari periode januari 2014 sampe dengan Desember 2015. Analisis data dilakuka mengunakan Microsoft Excel mengihitung Mean, Wastage As Percentage of Issues (WAPI) dan Simulasi Monte Carlo dengan mengunakan aplikasi Crystall Ball. Hasil penelitian dari perhitungan WAPI adanya tingkat pemborosan di setiap bulannya sehingga mengakibatkan pengunaan darah PRC dan WB tidak efisien, selain itu adanya faktor yang menjadikan banyaknya darah yang kadaluwarsa karena permintaan yang rendah sehingga kemungkinan darah yang kadaluwarsa tinggi itu dapat dilihat dari hasil perhitungan WAPI bulan Oktober 2015 jenis darah WB golongan darah AB yaitu sebesar 20,75%. Faktor lain juga terjadi karena faktor alami yaitu masa umur simpan itu sendiri sudah melampaui batas umur simpan. Dari hasil uji data bahwa simulasi monte carlo dapat meminimalisasi tingkat pemborosan darah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Persediaan,Simulasi Monte Carlo, Darah
Subjects: Manajemen > Operasi dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Sep 2016 08:30
Last Modified: 26 Sep 2016 08:30
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10394

Actions (login required)

View Item View Item