STUDI TIPE PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA KONSUMEN GENERASI Y

Widhyanto, Dismas Gilang (2016) STUDI TIPE PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA KONSUMEN GENERASI Y. . pp. 1-15.

[img] Text
JURNALEM19560.pdf

Download (479kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat perbedaan tipe perilaku pembelian impulsif (Dorongan murni, Pembelian impulsif yang direncanakan, Pengingat dan Saran Pembelian impulsif) ditinjau dari profil sosial-ekonomi (Jenis Kelamin dan Uang saku/pendapatan per bulan) dan familiaritas merek (Merek baru, Merek Familiar, Merek tidak familiar). Sample yang digunakan adalah range usia dari generasi Y yaitu 18-39 tahun. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 237 responden dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner online. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji chi-square, independent simple t-test dan one-way anova dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan tipe perilaku pembelian impulsif (Dorongan murni, Pembelian impulsif yang direncanakan, Pengingat dan Saran Pembelian impulsif) ditinjau dari profil sosial-ekonomi (Jenis Kelamin dan Uang saku/pendapatan per bulan). Sedangkan terdapat perbedaan tipe pembelian impulsif ditinjau dari familiaritas merek (Merek baru, Merek Familiar, Merek tidak familiar). Melalui uji independent simple t-test, dapat dilihat bahwa faktor utama dalam perilaku pembelian impulsif (Trend-setters, Fashion Apperance, Self-image, Instant Gratification, Unplanned buying without prior thinking, Impulse Buying) tidak terdapat perbedaan ditinjau dari jenis kelamin. Sedangkan pada variabel Fashion-related Activities disimpulkan terdapat perbedaan ditinjau dari jenis kelamin. Hasil uji one-way ANOVA menunjukan faktor utama dalam pembelian impulsif (Fashion Appearance, Self-Image, Instant Gratification, Impulse Buying) tidak terdapat perbedaan ditinjau dari uang saku/pendapatan responden. Sedangkan pada variabel Trend-setters, Fashion related-Activities, Unplanned Buying without prior thinking terdapat perbedaan ditinjau dari uang saku/pendapatan per bulan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perilaku pembelian impulsif, Tipe pembelian impulsif, profil sosial-ekonomi, familiaritas merek, generasi Y.
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Sep 2016 08:57
Last Modified: 26 Sep 2016 08:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10398

Actions (login required)

View Item View Item