PENGARUH KONTRAK FUTURES INDEKS TERHADAP VOLATILITAS UNDERLYING SPOT MARKET DI INDONESIA (STUDI PADA LQ45 FUTURES 2001 – 2009)

Fidanti, Sony (2016) PENGARUH KONTRAK FUTURES INDEKS TERHADAP VOLATILITAS UNDERLYING SPOT MARKET DI INDONESIA (STUDI PADA LQ45 FUTURES 2001 – 2009). . pp. 1-13.

[img] Text
JURNALEM19545.pdf

Download (407Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh kontrak futures indeks terhadap volatilitas underlying spot market. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji pengaruh kemunculan kontrak futures indeks terhadap efisiensi pasar pada periode 2001 – 2009. Objek penelitian ini adalah LQ45 Futures. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh melalui website investing.com. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini berupa harga adjusted close harian dari indeks LQ45. Data harga kemudian diolah untuk menghitung return harian. Return harian yang telah dihitung akan digunakan untuk mengetahui pengaruh kontrak futures indeks pada volatilitas underlying spot market dengan menggunakan metode GARCH (1,1). Sebelum melakukan pengujian dengan metode GARCH (1,1), terlebih dahulu data return harian indeks akan dilakukan beberapa pengujian awal seperti uji stasioneritas data dengan uji Augmented Dickey Fuller dan uji kesesuaian penggunaan model GARCH dengan uji ARCH – LM. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada pengaruh kontrak futures indeks pada volatilitas underlying spot market, meskipun telah terjadi penurunan volatilitas selama periode pengujian. Penelitian ini juga menemukan bahwa kemunculan kontrak futures indeks telah mempengaruhi sensitifitas pasar terhadap informasi tersebut

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kontrak futures indeks, derivatif, LQ45 Futures, Indeks LQ45, volatilitas return, GARCH, pasar efisien, Indonesia.
Subjects: Manajemen > Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Sep 2016 08:15
Last Modified: 28 Sep 2016 08:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10404

Actions (login required)

View Item View Item