PERBANDINGAN DAYA DUKUNG SESUAI PILE DRIVING ANALYZER (PDA), CONE PENETRATION TEST (CPT), STANDARD PENETRATION TEST (SPT) DENGAN METODE ALPHA

Octovianus, Catur Hezron (2016) PERBANDINGAN DAYA DUKUNG SESUAI PILE DRIVING ANALYZER (PDA), CONE PENETRATION TEST (CPT), STANDARD PENETRATION TEST (SPT) DENGAN METODE ALPHA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS13852.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
1TS13852.pdf

Download (64kB)
[img] Text (BAB II)
2TS13852.pdf

Download (54kB)
[img] Text (BAB III)
3TS13852.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
4TS13852.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (BAB V)
5TS13852.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB VI)
6TS13852.pdf

Download (25MB)

Abstract

Pondasi tiang adalah salah satu bagian dari struktur yang digunakan untuk menerima dan menyalurkan beban dari struktur atas ke tanah pada kedalaman tertentu, biasanya karena lapisan tanah kuat terletak sangat dalam. Dengan adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang membuat perkembangan dan pembangunan gedung bertingkat tinggi selalu bertambah setiap tahunnya khususnya pada daerah perkotaan yang ingin memajukan daerahnya.Salah satu sistem pengujian pondasi tiang adalah dengan menggunakan Pile Driving Analyzer (PDA). Pile Driving Analyzer adalah suatu sistem pengujian dengan menggunakan data digital komputer yang diperoleh dari strain transducer dan accelerometer untuk memeperoleh kurva gaya dan kecepatan ketika tiang dipukul menggunakan palu dengan berat tertentu. Hasil dari pengujian PDA terdiri dari kapasitas tiang, penurunan, energi palu, dan lain – lain. Hal ini membuat Pile Driving Analyzer (PDA) menjadi metode alternatif pengujian beban aksial pondasi tiang semakin banyak diminati. Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan membandingkan daya dukung ultimate hasil PDA dengan CPT, SPT, dan Metode Alpha yang nanti dapat digunakan sebagai data acuan untuk melanjutkan proses pembangunan. Metode yang digunakan dalam pengujian ini adalah dengan mengambil data – data yang sudah ada dari laporan penelitian tanah Cluster Flaminggo Summarecon Serpong dan laporan pengujian PDA pada lokasi yang sama. Penelitian ini hanya menganalisis single pile atau tiang tunggal. Penelitian ini hanya meninjau 1 titik dari data penyelidikan tanah pada kedalaman -23,5 m. Setelah itu data yang ada dianalisis ulang dengan menggunakan empat metode yang dipilih yaitu, PDA,CPT, SPT, dan Metode Alpha. Dari hasil analisis, diketahui bahwa nilai daya dukung ultimate hasil PDA memiliki nilai daya dukung yang paling tinggi yaitu 225,6 ton sedangkan hasil analisis CPT = 119,81 ton, SPT = 154,77 ton, dan Metode Alpha = 129,68 ton. Jika dilihat dari hasil analisis, maka pembangunan Cluster Flamingo Summarecon Serpong – Tangerang dikategorikan sebagai bangunan yang aman karena hasil Qu (daya dukung ultimit tiang hasil CPT/SPT) £ Ru (daya dukung ultimit tiang hasil PDA).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pondasi Tiang, PDA, CPT, SPT, Metode Alpha
Subjects: Sipil > Struktur
Sipil > Struktur
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 03 Oct 2016 08:22
Last Modified: 03 Oct 2016 08:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10442

Actions (login required)

View Item View Item