ANALISIS TINGKAT KEPENTINGAN ATRIBUT LAYANAN YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN SEBUAH HOTEL DI YOGYAKARTA

Tarigan, Bonus Meris (2005) ANALISIS TINGKAT KEPENTINGAN ATRIBUT LAYANAN YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN SEBUAH HOTEL DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0EM10000.pdf

Download (208Kb)
[img] Text (Bab I)
1EM10000.pdf

Download (191Kb)
[img] Text (Bab II)
2EM10000.pdf

Download (470Kb)
[img] Text (Bab III)
3EM10000.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122Kb)
[img] Text (Bab IV)
4EM10000.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441Kb)
[img] Text (Bab V)
5EM10000.pdf

Download (490Kb)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor/atribut layanan yang mempengaruhi pembuatan keputusan konsumen di Yogyakarta dalam memilih sebuah hotel, serta mencoba menemukan apakah konsumen dengan karakteristik yang berbeda memiliki perbedaan penilaian atas tingkat kepentingan faktor/atribut layanan tersebut. Dari hasil penelitian maka diperoleh temuan bahwa terdapat tujuh faktor layanan yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen di Yogyakarta dalam memilih hotel. Faktor layanan tersebut adalah: working environment, tangibles, amenity, reliability, responsiveness of employees, complimentary items, dan guest room setting. Sementara itu, jika ditinjau dari karakteristik konsumen ternyata konsumen dengan pekerjaan dan tujuan perjalanan/menginap yang berbeda memiliki perbedaan penilaian atas tingkat kepentingan faktor/atribut layanan yang ditawarkan oleh pihak hotel.. Working environment terdiri dari : keramahan dan kehangatan karyawan, sambungan internet/fax, meja kerja, telephone, kecepatan proses check in/out. Tangibles terdiri dari : ketenangan kamar, kebersihan kamar, dan kenyamanan tempat tidur. Amenity terdiri dari : variasi dan kualitas fasilitas olahraga dan hiburan, buku petunjuk hotel dan panduan wisata, fasilitas money changer dan car rental, Berta business center yang efisien. Responsiveness of employees terdiri dari : atmosphere, kemudahan reservasi, penanganan keluhan dengan cepat dan tuntas. Complimentary items terdiri dari complimentary items. Guest room setting terdiri dari : Kualitas dan kecukupan perabotan kamar, dan ukuran / luas kamar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ketujuh faktor layanan diatas harus disediakan oleh pihak hotel untuk memberikan kepuasan kepada konsumen. Pihak hotel juga perlu mengetahui faktor demografi para konsumen, untuk selanjutnya melakukan penyesuaian layanannya dengan pekerjaan, tujuan menginap konsumen tersebut. Hal ini penting karena konsumen dengan karakteristik yang berbeda memiliki penilaian yang berbeda atas kepentingan suatu atribut layanan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hotel, Faktor dan Atribut Layanan
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 06 Oct 2016 09:37
Last Modified: 06 Oct 2016 09:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10478

Actions (login required)

View Item View Item