EVALUASI KINERJA RUAS DAN SIMPANG JALAN PRAWIROTAMAN – JALAN SISINGAMANGARAJA YOGYAKARTA PASCA PERUBAHAN MANAJEMEN LALU LINTAS

HUTABALIAN, NICOLAUS NATAMANAEL (2016) EVALUASI KINERJA RUAS DAN SIMPANG JALAN PRAWIROTAMAN – JALAN SISINGAMANGARAJA YOGYAKARTA PASCA PERUBAHAN MANAJEMEN LALU LINTAS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS14193.pdf

Download (1354Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS14193.pdf

Download (490Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS14193.pdf

Download (212Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS14193.pdf

Download (684Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS14193.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS14193.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TS14193.pdf

Download (600Kb)

Abstract

Pertumbuhan jumlah kendaraan saat ini mengalami tingkat pertumbuhan yang sangat cepat. Pertumbuhan kendaraan ini tidak diikuti dengan pertumbuhan jumlah ruas jalan. Ketidak seimbangan antara pertumbuhan kendaraan dengan pertumbuhan ruas jalan mengakibatkan penumpukan kendaraan yang berakibat pada timbulnya kemacetan. Salah satu cara mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas adalah dengan cara melakukan perubahan manajemen lalu lintas. Hal inilah yang menjadi topik utama dalam penulisan Tugas Akhir ini. Penelitian yang dilakukan pada ruas dan simpang Jalan Prawirotaman – Jalan Sisingamangaraja ini dilakukan pada bulan Mei 2016. Dalam penelitian ini juga akan di ambil data primer berupa situasi lingkungan, keadaan fisik lokasi, ukuran serta jumlah kendaraan pada ruas Jalan Prawirotaman maupun di persimpangan Jl. Prawirotaman dan Jl. Sisingamangaraja. Penelitian ini dilakukan selama 2 jam pada saat jam puncak pagi hari, siang hari dan sore hari. Untuk data sekunder berupa jumlah penduduk yang didapat dari Badan Pusat Statistik Kota Yogyakarta serta jumlah kendaraan lalu lintas di ruas dan simpang Jalan Prawirotaman – Jalan Sisingamangaraja pada tahun 2014 yang didapatkan dari Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah dengan adanya perubahan manajemen lalu lintas ini, ruas dan simpang Jalan Prawirotaman – Jalan Sisingamangaraja mengalami penurun angka pada derajat kejenuhan, tundaan, peluang antrian, kapasitas ruas jalan, kecepatana tempuh serta waktu tempuh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Manajemen lalu lintas, simpang, ruas jalan, volume lalu lintas, kapasitas
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Oct 2016 12:35
Last Modified: 18 Oct 2016 12:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10525

Actions (login required)

View Item View Item