Ratnaningtyas, Pradita (2012) MODEL KOMUNIKASI WORD OF MOUTH MELALUI TWITTER (Studi Eksploratif Model Komunikasi Word of Mouth Melalui Twitter pada Brand Kalimilk). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03184.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03184.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03184.pdf Restricted to Registered users only Download (859kB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03184.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03184.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi mendorong kemudahan teknologi informasi yang didukung oleh keberadaan gadget, paket internet murah dan ruang publik berhotspot. Internet memiliki kemampuan pertukaran informasi dari berbagai pihak dengan kemampuan akses cepat dan mudah sehingga memunculkan banyak social networking seperti Facebook, MySpace dan Twitter yang berkembang dengan pesat. Twitter adalah jaringan microblogging yang memfasilitasi pengguna untuk pembaruan informasi tentang diri pengguna, bisnis dan lain sebagainya. Banyak perusahaan menggunakan word of mouth sebagai strategi promosi dan makin berkembang dengan keberadaan internet. Peneliti memfokuskan diri pada word of mouth secara online dan tertarik meneliti model komunikasi word of mouth melalui twitter yang dipergunakan oleh Kalimilk, brand yang mempergunakan twitter sebagai tombak strategi promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menemukan model komunikasi word of mouth dalam twitter pada Brand Kalimilk. Peneliti menggunakan teori perilaku konsumen, SOR (stimulus, organism, response) dan komunikasi interpersonal. Konsep perilaku konsumen yang diambil adalah brand, informasi, kepuasan konsumen dan word of mouth. Teori SOR yaitu stimulus, organism dan respons yang mencakup sikap. Computer mediated communication dipakai sebagai perluasan komunikasi interpersonal. Word of mouth sendiri adalah irisan dari perilaku konsumen dan komunikasi. Konsep word of mouth yang dipergunakan adalah wom sender, wom receiver dan sifat wom yaitu wom positif dan negatif. Model komunikasi dasar yang dipakai adalah model komunikasi Westley dan MacLean. Jenis penelitian ini kualitatif dengan tipe penelitian eksploratif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan didukung wawancara, kepustakaan hingga data internet. Penelitian dimulai pada bulan Oktober 2011 dengan melakukan observasi pada media twitter. Peneliti mengumpulkan tweets dengan keyword Kalimilk. Tweets yang terkumpul kemudian disaring dan diklasifikasikan berdasarkan level komunikasi dan organisme sesuai kaitan status dengan brand. Setelah itu, peneliti menghubungkan kasus dengan konsep – konsep yang tersedia sebelumnya. Konsep baru yang muncul adalah konsep pengalaman atas brand dan input media massa. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan Model Komunikasi Word of mouth melalui Twitter sebanyak enam model komunikasi. Kesemua model komunikasi menunjukkan bahwa kepuasan konsumen mendorong word of mouth positif dan sebaliknya ketidakpuasan konsumen mendorong word of mouth negatif. Stimulus terdiri dari tiga hal yaitu pengalaman atas brand, input media massa dan tweets dari wom sender maupun umpan balik wom receiver. Organisme yang terlibat adalah konsumen dan bukan konsumen. Respons yang ditemukan adalah respons kognitif, konatif dan afektif. Konsep umpan balik yang terjadi yaitu umpan balik sebagai respons, peneguhan dan servomekanisme internal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model komunikasi word of mouth dalam twitter, strategi promosi word of mouth. |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 29 Apr 2013 13:43 |
Last Modified: | 01 May 2013 11:12 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1053 |
Actions (login required)
View Item |