KECENDRUNGAN PREFERENSI BUDAYA ORGANISASI LULUSAN TEKNIK SIPIL UAJY

Kaming, Peter F KECENDRUNGAN PREFERENSI BUDAYA ORGANISASI LULUSAN TEKNIK SIPIL UAJY. [Research]

[img] Text (Penelitian Teknik Sipil)
TS21403.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2493Kb)

Abstract

Studi mengenai budaya organisasi di bidang teknik sipil masih jarang dilakukan di Indonesia. Preferensi budaya organisasi lulusan teknik sipil di Indonesia juga belum dipahami sepenuhnya. Maka studi pendahulaun ini mencoba mencari tahu sampai sejauhmana persepsi calon lulusan tentang preferensi budaya organisasi tempat mereka bekerja pada masa mendatang setelah lulus. Studi ini meninjau publikasi internasional dan domestik mengenai budaya organisasi. Selanjutnya mempresentasikan hasil studi yang dilakukan pada awal 2016. Instrumen dari studi ini diadopsi dari Orgnizational Culture Assessment Instrument (OCAI), dan mahasiswa program Internasional Teknik Sipil UAJY semester tujuh menjadi responden. Studi ini bertujuan mengkaji preferensi budaya organisasi calon lulusan yang akan bekerja pada industri konstruksi pada masa mendatang ditinjau dari konsentasi keahlian teknik sipil, jenis korporasi yang mereka pilih dan negara dimana mau bekerja. Sejumlah 79 mahasiswa berpartisipasi dalam studi ini. Hasil studi ini menunjukkan bahwa secara dominan preferensi tipe budaya organisasi adalah keluarga (clan) sebesarr 71%. Disusul dengan hirarki 11%, budaya organisasi pasar 10 dan hanya 8% yang memilih innovasi (adhocracy). Secara rata-rata dari skor 100 ke empat tipe budaya organisasi masing-masing adalah 34, 24, 21, 21 berturutturut untuk keluarga, inovasi, pasar, dan hirarki.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: Budaya organisasi, OCAI, Teknik Sipil, Konstrusi
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 26 Oct 2016 12:17
Last Modified: 26 Oct 2016 12:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10584

Actions (login required)

View Item View Item