Lindaningsih, Anastasia (2012) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE PRODUK LOKAL PADA SOCIAL MEDIA DALAM MEMBENTUK CO-CREATION (Analisis Deskriptif Kualitatif Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Makanan Maicih melalui Twitter). S1 thesis, UAJY.
|
Text (Halaman Judul)
0KOM03310.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Bab I)
1KOM03310.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (Bab II)
2KOM03310.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (Bab III)
3KOM03310.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text (Bab IV)
4KOM03310.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Social media dimanfaatkan oleh perusahaan untuk berkomunikasi dalam mempromosikan produk dan berinteraksi dengan konsumennya. Konsumen di media sosial lebih interaktif, mereka dapat mengutarakan pendapat dan menerima informasi dari siapa pun. Sifat media sosial dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi perusahaan. Perusahaan yang menggunakan media sosial perlu melakukan kolaborasi dengan konsumen maupun reseller supaya terjadi keterikatan diantaranya. Prahaland & Krisnan menyebutnya dengan co-creation yang merupakan inovasi cara baru dalam menciptakan produk dan pengalaman melalui kolaborasi perusahaan, konsumen, pemasok, dan mitra distribusi yang saling terhubung dalam jaringan inovasi Penelitian ini menggunakan Maicih sebagai subyek penelitian karena merek ini sukses melakukan komunikasi pemasaran di Twitter. Penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran online yang dilakukan Maicih melalui Twitter dalam membentuk cocreation. Berdasarkan pada hasil penelitian, strategi komunikasi pemasaran online Maicih menggunakan konsep Sunda dan konsep kekeluargaan untuk menciptakan komunikasi dengan konsumennya dengan menggunakan media Twitter sebagai media yang digunakan. Maicih menciptakan figur nenek untuk berkomunikasi dengan konsumennya. Maicih memiliki sebuah ‘linggo’ dalam komunikasi dua arah dengan menyebut konsumen dengan ‘incu’ dan distributor dan reseller dengan sebutan ‘anak emak’. Linggo ini digunakan untuk menciptakan sebuah komunitas berbentuk keluarga didalam akun @maicih ini sehingga di antara perusahaan dan konsumen tidak ada pembatas ketika melakukan interaksi. Strategi komunikasi pemasaran online yang digunakan Maicih dalam membentuk co-creation terdapat pada strategi pesan dan strategi media. Penggunaan konsep keluarga ini didukung dengan Twitter sebagai saluran komunikasi yang bersifat komunikasi dua arah membuat co-creation yang dibuat dapat tercipta. Hasil dari co-creation, konsumen memberikan saran untuk inovasi produk Maicih selanjutnya. Kolaborasi berdasarkan pengalaman, konsumen yang telah mengkonsumsi produk Maicih akan memberikan komentar dan berfoto di Twitter Maicih atau terlibat dalam kegiatan yang diadakan oleh Maicih tentang kepedulian akan budaya dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi pemasaran online, twitter, co-creation |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 30 Apr 2013 08:00 |
Last Modified: | 01 May 2013 10:28 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1060 |
Actions (login required)
View Item |