BENTUK-BENTUK STRATEGI PEMASARAN PRODUK PT. PERTANI CABANG DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY)

Sundari, Felipa Retno (2008) BENTUK-BENTUK STRATEGI PEMASARAN PRODUK PT. PERTANI CABANG DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0SOS02160.pdf

Download (109kB)
[img] Text (Bab I)
1SOS02160.pdf

Download (77kB)
[img] Text (Bab II)
2SOS02160.pdf

Download (61kB)
[img] Text (Bab III)
3SOS02160.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text (Bab IV)
4SOS02160.pdf

Download (57kB)

Abstract

PT.PERTANI Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah perusahaan yang bergerak di bidang pertanian dengan daerah pemasaran di Kabupaten Bantul dan Kulon Progo. Salah satu kegiatannya adalah memasarkan produk pertanian baik yang diproduksi sendiri (benih dan beras) maupun yang diproduksi oleh pihak lain (pupuk, obat-obatan, dan alat-alat pertanian). Pemasaran produk sangat penting dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya dengan tetap memberikan kepuasan kepada konsumen. Dalam tulisan ini akan dibahas tentang persoalan-persoalan yang dialami perusahaan sehingga menjadi alasan-alasan penyebab PT. PERTANI Cabang DIY perlu melaksanakan strategi pemasaran produk dan solusi dari persoalanpersoalan yang dialami perusahaan berupa bentuk-bentuk strategi pemasaran produk. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah Metode Penelitian Kualitatif dengan 3 (tiga) teknik pengumpulan data yaitu metode partisipatif, wawancara, dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis. Alasan-alasan penyebab PT. PERTANI Cabang DIY perlu melaksanakan strategi pemasaran produk terbagi menjadi 2 (dua) yaitu alasan eksternal yang terdiri dari persoalan-persoalan yang berasal dari luar perusahaan dan alasan internal yang terdiri dari persoalan-persoalan yang berasal dari dalam perusahaan. Alasan eksternal meliputi kondisi geografi (penurunan luas lahan pertanian, penurunan produksi pertanian, dan tersebarnya lokasi lahan pertanian), kondisi demografi (peningkatan konsumsi pangan penduduk, penurunan jumlah penduduk yang bekerja sebagai petani, dan permodalan petani yang kurang), kebijakan pemerintah di bidang pertanian, perubahan jenis tanaman yang ditanam petani, dan persaingan usaha. Alasan internal terdiri dari sumber daya yang dimiliki perusahaan, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, dan tingkat penjualan produk. Bentuk-bentuk strategi pemasaran produk merupakan salah satu solusi yang perlu diambil oleh perusahaan untuk mengatasi berbagai persoalan yang dialami perusahaan. Bentuk-bentuk strategi pemasaran produk yang dilaksanakan PT. PERTANI Cabang DIY yaitu strategi diferensiasi (produk, pelayanan, citra, saluran distribusi, dan personil) dan strategi positioning. Setiap persoalan yang dialami PT. PERTANI Cabang DIY akan menyebabkan bentuk-bentuk strategi pemasaran produk yang berbeda-beda. Contohnya, penurunan luas lahan pertanian akan menyebabkan perlunya diferensiasi produk sedangkan tersebarnya lokasi lahan pertanian menyebabkan perlunya diferensiasi produk,pelayanan, dan saluran distribusi. Perbedaan tersebut terjadi karena setiap persoalan yang dihadapi PT. PERTANI Cabang DIY memerlukan solusi yang berbeda pula

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 15 Nov 2016 07:48
Last Modified: 15 Nov 2016 08:47
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10770

Actions (login required)

View Item View Item