LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN SEKOLAH LUAR BIASA/G-AB DI KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

ASTUTI, THERESIA OKTAVIANA DWI (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN SEKOLAH LUAR BIASA/G-AB DI KABUPATEN KULON PROGO, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. .. pp. 1-15.

[img] Text (Jurnal Teknik Arsitektur)
JURNAL.pdf

Download (1653Kb)

Abstract

Sekolah Luar Biasa (SLB)/G-AB merupakan sekolah yang menyediakan pendidikan khusus dan asrama bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan tunanetra, tunarungu dan tunaganda. Penyediaan pendidikan khusus bagi ABK membutuhkan pola pengajaran yang dirancang menyesuaikan dengan jenis kebutuhan khusus dan kemampuan masing-masing ABK. Pendidikan dengan pola pengajaran khusus membutuhkan sarana pendidikan berupa sekolah yang dilengkapi dengan asrama yang dirancang untuk mendukung pola pengajaran dan membantu proses belajar dan mendukung kehidupan ABK. Perancangan Sekolah Luar Biasa yang mampu mengakomodir pola pendidikan bagi ABK tidak hanya melalui tata ruang dalam tetapi juga tata ruang luar yang menyesuaikan dengan jenis kebutuhan khusus ABK pada SLB Tipe/G-AB yakni ABK dengan tunanetra, tunarungu dan tunaganda sehingga mampu mengoptimalkan pola pendidikan khusus yang bagi ABK. Perancangan tata ruang luar dan tata ruang dalam yang komunikatif bagi ABK dengan pendekatan pemahaman lingkungan (environmental learning) untuk mengakomodir pendidikan khusus ABK dan mendukung pola pengajaran yang ada di dalam sekolah dan asrama. Tata ruang dalam dan ruang luar pada SLB dirancang saling terhubung untuk mengoptimalkan proses pembelajaran di sekolah dan asrama dengan membantu ABK memahami ruang dan mampu menggunakan ruang secara mandiri hingga akhirnya mampu meningkatkan kualitas hidup ABK di masa mendatang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sekolah Luar Biasa, Anak Berkebutuhan Khusus, Komunikatif
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Nov 2016 08:01
Last Modified: 21 Nov 2016 08:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10800

Actions (login required)

View Item View Item