LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN CHILDREN CANCER CARE SERVICE DI YOGYAKARTA

PHITALOKA, ALEICIA VIDYA (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN CHILDREN CANCER CARE SERVICE DI YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TA13895.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
1TA13895.pdf

Download (497kB)
[img] Text (Bab II)
2TA13895.pdf

Download (361kB)
[img] Text (Bab III)
3TA13895.pdf

Download (932kB)
[img] Text (Bab IV)
4TA13895.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text (Bab V)
5TA13895.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Bab VI)
6TA13895.pdf

Download (2MB)

Abstract

Children Cancer Care Service merupakan fasilitas bagi yang diperiuntukan anak-anak yang berjuang dari penyakit kanker yang diidapnya3. Fasilitas ini mewadahi fungsi utama yaitu hunian sementara bagi anak kanker dan pendampingnya, serta menjadi fasilitas yang melayani kebutuh an terkait kanker pada anak kepada masyarakat. Selain itu, untuk menunjang fungsi utama dan mendukung proses penyembuhan anak kanker, maka terdapat beberapa fungsi pendukung lainnya seperti fungsi edukasi dan rekreasi (entertainment) dan pengelolaan yayasan. Permasalahan yang diangkat dalam mewujudkan desain yang sesuai dengan kebutuhan pengguna adalah kualitas hidup anak kanker yang umumnya mengalami penurunan akibat penyakit yang diidap. Penurunan kualitas hidup mereka disebabkan oleh hilangnya masa kanak-kanak yang menyenangkan karena proses pengobatan yang dialami. Sehingga, mempengaruhikondisi psikologis dan psikososial anak. Fasilitas Children Cancer Care Service diharapkan dapat memnuhi kebutuhan psikologi dan psikososial anak kanker sehingga,daopat mendukung proses penyembuhannya serta meningkatkan kualitas hidup pengguna.Perancangan fasilitas untuk mendukung proses penyembuhan menggunakan pendekatan Healing Environment dan Psikologis Anak kanker.Konsep perancangan akan berfokus untuk menciptakan desain yang memiliki kualitas therapeutic design, welcoming /intimacy dan children friendly. Tujuannya adalah menciptakan desain yang dapat merangsang atau memberikan stimuli-stimuli untuk meningkatkan kondisi kesehatan pengguna.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: psikologis anak kanker, psikososial, healing environment, therapeutic desain. welcoming /intimacy dan children friendly
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Nov 2016 10:37
Last Modified: 22 Nov 2016 10:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10807

Actions (login required)

View Item View Item