LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN RELOKASI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KLATEN

NUGROHO, YAKOBUS ADI (2016) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN RELOKASI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA.

[img] Text (Halaman Judul)
0TA13913.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Bab I)
1TA13913.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab II)
2TA13913.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
3TA13913.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab IV)
4TA13913.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
5TA13913.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (Bab VI)
6TA13913.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu cara untuk mencerdaskan bangsa adalah melalui pendidikan. Oleh karena itu pendidikan merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas untuk mampu bersaing di dalam era globalisasi ini. SMP N 2 Klaten sebagai sekolah favorit dan sekolah berprestasi di Klaten hendak direlokasi ke lahan baru dikarenakan bangunan lama sudah tidak mencukupi bagi kegiatan belajar mengajar penghuni sekolah. Maka dari itu, penulis akan mengangkat judul skripsi “RELOKASI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KLATEN “ dengan adanya lahan baru yang telah dipersiapkan oleh pemerintah Kabupaten Klaten, diharapkan dapat membangun sekolah yang mencukupi standar nasional pendidikan SMP. Dalam mencukupi standar nasional pendidikan tersebut akan diimplementansikan dalam aspek arsitektural. Menumbuhkan daya eksplorasi dan stimulasi belajar siswa menjadi tujuan utama penulis agar siswa dan siswi dapat menjadi murid-murid yang kreatif dan berprestasi. Sekolah menjadi tempat yang nyaman dan tenang baik untuk belajar dan bermain. Ruang-ruang komunal diciptakan untuk menjadi tempat bagi penghuni sekolah untuk saling berinteraksi dan saling berkomunikasi untuk menambah keintiman dan persaudaraan antar siswa. Dengan pendekatan arsitektur perilaku-lingkungan, dimana pelaku dapat mempengaruhi lingkungannya, begitu pula sebaliknya. Diharapkan dapat menciptakan sebuah lingkungan binaan yang sesuai bagi kebutuhan umur siswa dan kebutuhan kegiatan penghuni sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Menengah Pertama, eksplorasi dan stimulasi belajar, aristektur perilaku-lingkungan
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Nov 2016 19:07
Last Modified: 11 Jul 2024 17:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10808

Actions (login required)

View Item View Item