RISET PASAR ALAT PERAGA EDUKATIF BERBASIS METODE MONTESSORI UNTUK ANAK USIA DINI

SURYANDITO, MARKUS TIAN AGUNG (2016) RISET PASAR ALAT PERAGA EDUKATIF BERBASIS METODE MONTESSORI UNTUK ANAK USIA DINI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
0TIA08103.pdf

Download (736kB)
[img] Text
1TIA08103.pdf

Download (262kB)
[img] Text
2TIA08103.pdf

Download (540kB)
[img] Text
3TIA08103.pdf

Download (594kB)
[img] Text
4TIA08103.pdf

Download (552kB)
[img] Text
5TIA08103.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6TIA08103.pdf

Download (905kB)

Abstract

Meningkatnya peminat dari metode Montessori dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir menyebabkan meningkatnya permintaan dari produk (APE) berbasis metode Montessori. Hambatan dalam pengadaan alat peraga berbasis metode Montessori adalah soal harga yang relatif mahal seta metode Montessori yang masih tergolong baru di Indonesia. Bersumber dari permasalahan yang ada, dapat diartikan adanya peluang untuk membuat dan memasarkan produk “APE berbasis metode Montessori”. Namun hal tersebut belum dapat terlaksana karena kurangnya informasi mengenai minat, potensi, daya beli pasar terhadap produk untuk menentukan strategi pemasaran dan informasi mengenai perlu tidaknya kelengkapan tambahan terhadap produk yang ditawarkan. Masalah mengenai kurangnya informasi tersebut dapat dijembatani dengan adanya riset pasar, sehingga produk yang dihasilkan diharapkan dapat diterima pasar. Riset pasar diawali dengan identifikasi masalah, studi pustaka dan lapangan, dan wawancara dengan guru serta dosen/ trainer yang mengajarkan metode belajar Montessori. Proses riset kemudian dilanjutkan dengan menetapkan target customer, menentukan hipotesis dan pertanyaan dasar, mencari data sekunder yang dibutuhkan, menyusun pertanyaan lanjutan, memeriksa hipotesis, membuat daftar pesaing. Semua langkah yang dilakukan dan data yang diperoleh digunakan untuk menyusun kuesioner. Data yang diperoleh dari kuesioner, sebagai data primer, diolah dan dianalisis bersama data sekunder untuk mendapatkan hasil sesuai tujuan penelitian Hasil analisis potensi pasar terhadap produk APE dari berbasis metode Montessori yang ditawarkan adalah potensi pasar kota Semarang dan kota Yogyakarta masih sangat potensial. Sebesar 93,33% responden dari kota Semarang dan Yogyakarta memiliki ketertaikan untuk membeli produk APE berbasis metode Montessori yang ditawarkan, adanya peluang untuk memasarkan produk diluar pemakai metode Montessori. Hasil analisis minat pasar antara lain harga Harga produk yang diminati responden adalah pada range Rp100.001,00-Rp200.000,00 dengan persentase 71,27%. Lebih dari 90% responden menyatakan setuju motode Montessori dan APE berbasis metode Montessori dapat dikolaborasikan serta digunakan untuk membantu kegiatan belajar dengan kurikulum/ metode belajar yang lain. Hasil analisis mengenai kelengkapan tambahan produk antara lain sebesar 80,48% pendapat responden menilai perlu adanya kelengkapan buku panduan pada produk APE yang ditawarkan, Sebesar 74,29% responden juga menyatakan perlu adanya kelengkapan katalog pada produk APE yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: APE, metode Montessori, riset pasar, kuesioner
Subjects: Teknik Industri > Industri
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > TI Pindahan ATMI
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 01 Dec 2016 09:22
Last Modified: 01 Dec 2016 09:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10843

Actions (login required)

View Item View Item