PENYELESAIAN MASALAH SEQUENTIAL TWO DIMENSIONAL LOADING CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA NEAREST NEIGHBOR

Sarwono, Asa Adiaji (2016) PENYELESAIAN MASALAH SEQUENTIAL TWO DIMENSIONAL LOADING CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM MENGGUNAKAN KOMBINASI ALGORITMA NEAREST NEIGHBOR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TI06898.pdf

Download (863kB)
[img] Text (Bab I)
1TI06898.pdf

Download (334kB)
[img] Text (Bab II)
2TI06898.pdf

Download (156kB)
[img] Text (Bab III)
3TI06898.pdf

Download (528kB)
[img] Text (Bab IV)
4TI06898.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
5TI06898.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img] Text (Bab VI)
6TI06898.pdf

Download (897kB)

Abstract

Vehicle Routing Problem (VRP) adalah suatu metode untuk menentukan rute optimal suatu kendaraan dalam melayani konsumen yang ada dari suatu depo. Dalam kondisi nyata, terdapat permasalahan mengenai penataan atau loading dan pembongkaran atau unloading suatu kontainer. Tipe VRP itulah yang akan penulis teliti, yaitu Sequential Two Dimensional Loading Capacitated Vehicle Routing Problem (Sequential 2L-CVRP). Sequential 2L-CVRP memiliki fitur tambahan berupa LIFO atau Last In First Out, sehingga ketika melakukan unloading, produk dapat diturunkan tanpa memindahkan produk lainnya. Penataan harus disesuaikan dengan urutan kunjungan kendaraan ke konsumen. Ketika kendaraan sampai pada konsumen i, maka produk konsumen i harus dapat diambil tanpa memindahkan produk konsumen non-i. Dengan kata lain, tidak boleh ada produk konsumen non-i yang berada diantara produk konsumen i dan pintu kontainer / loading door. Permasalahan pada kasus ini adalah dibutuhkannya sebuah program dalam menyelesaikan kasus Sequential 2L-CVRP dengan menggunakan kombinasi metode Nearest Neighbor untuk perbaikan rute kendaraan dan 5 metode heuristik yang memerhatikan permasalahan loading dan unloading. Lima metode heuristik loading itu adalah Bottom Left Fill (BLF) oleh Chazelle (1983), Maximum Touching Perimeter (MTP) oleh Lodi dkk (1999) dan Minimum Area oleh Zachariadis dkk (2009). Dari berbagai kombinasi algoritma yang digunakan di dalam program, nantinya akan dicari kombinasi algoritma terbaik sesuai ukuran performansi yang akan ditinjau. Terdapat 3 ukuran performansi yang nantinya akan digunakan untuk mencari kombinasi algoritma terbaik, yaitu

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Dec 2016 11:51
Last Modified: 08 Dec 2016 11:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10875

Actions (login required)

View Item View Item