PENGATURAN ULANG TATA LETAK TEMPAT KERJA PERUSAHAAN YUNGKI EDUTOYS DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI

PURNAMA, PATRICK (2016) PENGATURAN ULANG TATA LETAK TEMPAT KERJA PERUSAHAAN YUNGKI EDUTOYS DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TI06979.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab I)
1TI06979.pdf

Download (281kB)
[img] Text (Bab II)
2TI06979.pdf

Download (397kB)
[img] Text (Bab III)
3TI06979.pdf

Download (390kB)
[img] Text (Bab IV)
4TI06979.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Bab V)
5TI06979.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
6TI06979.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perusahaan Yungki Edutoys adalah sebuah perusahaan yang memproduksi mainan edukasi anak yang terbuat dari serbuk kayu yang dipadatkan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, terdapat beberapa permasalahan yang terjadi di tempat produksi perusahaan tersebut. Permasalahan-permasalahan tersebut antara lain adalah jarak antar stasiun kerja, berat beban yang diangkat pekerja, tingkat pencahayaan dan tingkat kebisingan untuk masing-masing stasiun kerja yang ada, dan metode kerja yang digunakan oleh pekerja. Berdasarkan permasalahan-permasalahan tersebut, dilakukan pengaturan ulang tata letak tempat kerja yang ada dengan mengusulkan metode kerja yang optimum dengan menggunakan pendekatan Eliminate, Combine, Rearrangement, and Simplify (ECRS) dan prinsip ekonomi gerakan, menganalisis aktivitas material handling untuk masing-masing stasiun kerja dengan menggunakan Snook Table, serta mengusulkan perbaikan lingkungan kerja berupa tingkat pencahayaan dan tingkat kebisingan dengan menggunakan standar yang sudah ditetapkan. Analisis yang dilakukan terhadap usulan tata letak tempat kerja yang baru mendapatkan hasil bahwa lingkungan fisik berupa tingkat pencahayaan dan tingkat kebisingan, aktivitas material handling dan metode kerja untuk masing-masing stasiun kerja sudah layak dan aman digunakan. Hal tersebut terlihat dengan naiknya persentase populasi pekerja yang tidak mengalami gangguan, berat beban masing-masing aktivitas material handling yang tidak melebih batas maksimum yang direkomendasikan, tingkat pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan pada masing-masing stasiun kerja yang ada sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh United Nations Environment Programme (UNEP), tingkat kebisingan masing-masing stasiun kerja yang masuk dalam kategori aman berdasarkan pedoman yang dibuat oleh Badan Occupational Safety and Health Administration (OSHA), dan metode kerja yang sudah sesuai dengan prinsip ekonomi gerakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tata Letak Fasilitas, Ekonomi Gerakan, Tingkat Pencahayaan dan Kebisingan, Snook Tabel, Metode ECRS.
Subjects: Teknik Industri > Sistem Kerja
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Dec 2016 09:23
Last Modified: 13 Dec 2016 09:23
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10890

Actions (login required)

View Item View Item