Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan untuk Penilaian Kinerja Karyawan Harian dengan Menggunakan Metode Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation

WIJAYA, STEVAN SETIAWAN (2016) Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan untuk Penilaian Kinerja Karyawan Harian dengan Menggunakan Metode Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TF06824.pdf

Download (729kB)
[img] Text (Bab I)
1TF06824.pdf

Download (157kB)
[img] Text (Bab II)
2TF06824.pdf

Download (169kB)
[img] Text (Bab III)
3TF06824.pdf

Download (544kB)
[img] Text (Bab IV)
4TF06824.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text (Bab V)
5TF06824.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
6TF06824.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sumber daya manusia adalah sumber daya yang sangat vital dalam sebuah perusahaan atau instansi. Sumber daya manusia sangat dibutuhkan karena sumber daya inilah yang dapat mengoperasikan atau mengolah sumber daya lainnya yang terdapat pada sebuah perusahaan atau instansi. Sumber daya yang lain akan optimal pemanfaatannya jika sumber daya manusianya dapat bekerja secara optimal. Salah satu cara dalam rangka untuk pengelolaan sumber daya manusia yaitu dengan cara memberikan penilaian terhadap kinerja karyawan. Penilaian kinerja ini dapat membangun motivasi tersendiri bagi karyawan untuk meningkatkan kinerjanya. Pada studi kasus ini, sistem pendukung keputusan akan dibangun untuk perusahaan XYZ untuk melakukan penilaian kerja terhadap karyawan menggunakan metode Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation(PROMETHEE). Kinerja karyawan harian dapat dinilai dari 3 kategori yang ada meliputi hasil kerja, ketaatan, dan moral yang telah dibagi ke dalam beberapa aspek yang telah ditentukan oleh perusahaan. Aspek untuk kategori hasil kerja meliputi: quality, cost dan delivery, untuk kategori ketaatan meliputi: syarat kerja, dan sikap, sedangkan untuk kategori moral dibagi menjadi lima aspek yaitu, mangkir, sakit, izin, pulang awal dan keterlambatan. Dengan dibangunnya sistem ini, penilaian yang dilakukan terhadap kinerja karyawan harian menjadi lebih mudah dan lebih efisien dibandingkan dengan menilai secara manual dengan catatan dikertas, selain itu dengan sistem ini dapat mempermudah untuk melihat ranking karyawan harian tanpa harus membandingkan nilai satu dengan yang lain secara manual. Pengguna hanya perlu memasukkan nilai dari 3 kategori yang ada meliputi hasil kerja, ketaatan, dan moral yang telah dibagi kedalam beberapa aspek yang telah ditentukan perusahaan. Setelah selesai memasukkan nilai-nilai yang ada, maka sistem akan menghitung secara otomatis nilai akhir dari karyawan harian tersebut dan menentukan nilai tersebut ke dalam lima huruf, yaitu A, B, C, D, dan E. Sistem ini diharapkan dapat membantu perusahaan untuk mempertimbangkan tunjangan, pemberian bonus, dan lainlain untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan dan kualitas kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sistem pendukung keputusan, kinerja, sumber daya manusia, perusahaan, promethee.
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 13 Jan 2017 09:35
Last Modified: 13 Jan 2017 09:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10958

Actions (login required)

View Item View Item