KAJIAN TEKNIS DAN FUNGSI JALAN MATARAM, YOGYAKARTA

SWANDANU, HENDRIKUS LAB (2016) KAJIAN TEKNIS DAN FUNGSI JALAN MATARAM, YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS14247.pdf

Download (820kB)
[img] Text (Bab I)
1TS14247.pdf

Download (312kB)
[img] Text (Bab II)
2TS14247.pdf

Download (180kB)
[img] Text (Bab III)
3TS14247.pdf

Download (263kB)
[img] Text (Bab IV)
4TS14247.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (Bab V)
5TS14247.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI)
6TS14247.pdf

Download (127kB)

Abstract

Jalan Mataram merupakan salah satu jalan yang berada di kota Yogyakarta, dimana ruas jalan ini merupakan daerah komersil dan berdekatan dengan jalan Malioboro. Selain itu fungsi jalan Mataram sebagai jalan kolektor sekunder mempunyai daya pelayanan yang cukup tinggi dalam melayani mobilitas masyarakat. Hal ini menjadi dasar pertimbangan untuk melakukan studi kajian teknis dan fungsi jalan Mataram. Analisis dilakukan dengan cara pengamatan dilapangan terhadap arus lalu lintas, kejadian hambatan samping, waktu tempuh dan kondisi geometrik jalan. Pelaksanaan pengambilan data studi dilakukan selama tiga hari yaitu pada tanggal 09 Mei 2016, 13 Mei 2016 dan 15 Mei 2016. Studi ini mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia tahun 2014, Peraturan Menteri Pehubungan KM 14 tahun 2006, dan Standar Perencanaan Geometrik Jalan Perkotaan tahun 1992. Hasil dari penelitian menunjukkan frekuensi hambatan samping rata-rata sebesar 116,72 yang tergolong dalam kriteria kelas hambatan samping rendah (R), volume lalulintas 2100,20 skr/jam. Kecepatan kendaraan rerata sebesar 39,53 km/jam, dengan derajat kejenuhan 0,889. Kondisi geometrik jalan Mataram memiliki lebar jalur lalu lintas arah ke Selatan sebesar 2,94 meter dan kearah Utara sebesar 3,12 meter, lebar jalur parkir arah ke Selatan sebesar 2,47 meter dan kearahUtarasebesar 2,14 meter, lebar bahu jalan arah ke Selatan sebesar 0,64 meter dan arah ke Utara sebesar 0,40 meter, lebar trotoar arah Selatan sebesar 1,75 meter dan arah ke Utara sebesar 1,63 meter. Berdasarkan analisis diketahui lebar jalur lalu lintas memenuhi syarat lebar minimum jalur lalu lintas (3,0m). Sedangkan lebar jalur parkir tidak memenuhi syarat lebar minimum jalur parkir (2,5m). Lebar bahu jalan arah Utara tidak memenuhi syarat lebar minimum bahu jalan (0,5m). Sedangkan lebar trotoar memenuhi syarat lebar minimum (1,5m). Karakteristik tingkat pelayanan jalan Mataram pada kriteria D. Nilai kepadatan tersebut menunjukkan bahwa tingkat pelayanan jalan sangat jenuh yang artinya jalan Mataram sensitif terhadap kemacetan lalu lintas dan pengurangan kecepatan. Untuk meningkatkan pelayanan jalan Mataram perlu dilakukan evaluasi manajemen lalu lintas lanjutan atau dengan studi pelebaran geometrik jalan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hambatan samping, kecepatan, volume lalu lintas, kondisi geometrik jalan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Jan 2017 08:12
Last Modified: 18 Jan 2017 08:12
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/10974

Actions (login required)

View Item View Item