LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN REVITALISASI TAMAN SATWA TARU JURUG DAN WISATA AIR BENGAWAN SOLO, JAWA TENGAH

HENDRAWAN, REINALDO (2015) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN REVITALISASI TAMAN SATWA TARU JURUG DAN WISATA AIR BENGAWAN SOLO, JAWA TENGAH. .. pp. 1-15.

[img] Text (Jurnal TA14208)
JURNAL.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penulisan Landasan Konseptual Perencanaan dan Perancangan Studio Arsitektur ini difokuskan pada Revitalisasai Taman Satwa Taru Jurug dan Wisata Air Bengawan Solo, Jawa Tengah. Pemilihan tipologi ini didasarkan pada semakin berkurangnya habitat alami satwa sehingga menyebabkan ancaman kepunahan beraneka ragam satwa, kurangnya ruang terbuka hijau kota, dan adanya recana revitalisasi yang direncanakan pemerintah untuk memperbaiki keadaan Taman Satwa Taru Jurug yang memprihatinkan.Selain itu juga terdapat potensi dari sungai Bengawan Solo yang dapat dimanfaatkan sebagai wisata air yang merupakan magnit baru bagi pengunjung Taman Satwa Taru Jurug.Perencanaan dan Perancangan difokuskan pada perencanaan dan perancangan revitalisasi sebuah Taman Satwa Taru Jurug Surakarta di Surakarta sebagai kawasan kebun binatang dengan tata ruang luar dan tata ruang dalam yang dapat menjadi sarana rekreasi, edukasi,dan konservasi flora maupun fauna yang mengembangan aspek sosial, budaya, hiburan,dan kepariwisataan melalui pendekatan Sustainable Architecture. Prinsip Sustainable sangat tepat digunkan karena mengingat proyek ini merupakan proyek dengan biaya yang sangat besar yang tentunya harus sustainable sehingga diharapkan rancangan tidak perlu dilakukan banyak peruhabahan dan dapat bertahan hingga anak cucu dengan penyesuaian kondisi dimasa yang akan datang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: revitalisasi, taman satwa, wisata air, sustainable architectur, rekreasi, edukasi, konservasi
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 30 Jan 2017 13:04
Last Modified: 30 Jan 2017 13:04
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11019

Actions (login required)

View Item View Item