Junaedi, M.F. Sheellyana and Setiadi, Amos and Handarko, Yonathan Dri STRATEGI PENGEMBANGAN KEUNGGULAN BERSAING ALAMIAH PASAR TRADISIONAL SEBAGAI POTENSI PARIWISATA DAERAH BERBASIS KEARIFAN LOKAL. [Research]
Text (Penelitioan Ekonomi Manajemen)
EM55512.pdf Restricted to Registered users only Download (63MB) |
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengembangkan keunggulan bersaing alamiah pasar tradisional dibandingkan pasar modern. Fenomena ini perlu dicermati, mengingat bahwa pasar tradisional memberikan kontribusi bagi perekonomian nasional, khususnya bagi masyarakat golongan menengah bawah di daerah-daerah pedesaan dan perkampungan. Perbandingan antara pasar tradisional semakin tersingkirkan dengan hadirnya pasar modern seperti hypermarket, supermarket maupun minimarket yang jaraknya tidak terlalu berjauhan. Di samping itu tawaran kenyamanan, kebersihan, keamanan serta penataan produk-produk yang rapi dan mudah didapatkan sebagai tambahan nilai yang diterima oleh masyarakat konsumen. Pengembangan strategi peluang pasar tradisional bukan saja hanya untuk sekedar untuk dipertahankan, namun lebih jauh studi ini dapat menjadi model alternatif pariwisata daerah yang dapat memperkuat konektivitas nasional yang terintegrasi secara lokal yaitu locally integrated, globally connected. Model pendekatan pemberdayaan pasar tradisional sebagai pariwisata daerah untuk peningkatan perekonomian di Daerah Istimewa Yogyakarta. Studi ini terbagi menjadi empat komponen permasalahan utama yang dapat dijabarkan sebagai berikut: 1) Mengidentifikasi dan memprofilkan pelanggan pasar tradisional dan keunggulan bersaing alamiah pasar tradisional yang memiliki keunikan yang spesifik; 2) Tingginya pertumbuhan pasar modern merupakan bagian dari konstruksi sosial dan gaya hidup yang berorientasi universalitas, oleh karena itu diperlukan pengembangan strategi peluang pasar tradisional sebagai alternatif pariwisata daerah. Selain itu 3) pengembangan tata ruang pasar tradisional yang potensial untuk memiliki kualitas yang setara dengan pasar modern, 4) Pengembangan potensi alternatif pasar tradisional sebagai pariwisata daerah peningkatan perekonomian masyarakat sebagai alternatif peluang usaha jasa daerah yang berbasis pada kearifan lokal. Studi ini akan mengkaji pada keunggulan solusi yang berorientasi dalam jangakuan yang lebih luas. Hasil studi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kebijakan pemerintah dalam membuat rumusan kebijakan publik yang lebih memberdayakan masyarakat menegah ke bawah. Selain itu model tata ruang pasar tradisional yang memenuhi kesesuaian sebagai alternatif potensi pariwisata daerah. Luaran yang diharapkan dapat diterapkan secara aplikatif dan terukur dalam studi ini adalah berupa publikasi ilmiah di jurnal terakreditasi maupun di surat khabar berupa artikel ilmiah populer, film dokumenter, rekomendasi model pengembangan pasar tradisional sebagai pariwisata yang bermanfaat bagi para pedagang pasar dan kebijakan publik pemerintah, serta buku ajar bidang iptek maupun buku referensi. Studi ini dilakukan mengacu pada roadmap Garis Besar Rencana Induk Pengembangan Penelitian (RIPP) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang terdapat dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) UAJY 2012/2013 -2016/2017 yakni dengan melakukan riset yang mengangkat isu strategis dibidang pengentasan kemiskinan dan kearifan lokal. Kegiatan-kegiatan yang mendukung tercapainya tujuan studi ini antara lain dengan penelitian bidang konstruksi sosial pasar tradisional di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan pendekatan keunggulan bersaing alamiah pasar tradisional ini akan mengembangkan pemahaman pedagang, konsumen dan pendatang dari kota lain sebagai wisatawan domestik maupun mancanegara untuk lebih memahami pentingnya peran pasar tradisional. Hasil studi ini sangat dimungkinkan untuk ditindaklanjuti dengan studi lanjutan untuk melihat perkembangan dan potensi pengusaha pasar Indonesia dalam mengembangkan pariwisata daerah.
Item Type: | Research |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pasar tradisional, keunggulan bersaing, potensi pariwisata, kearifan lokal |
Subjects: | Manajemen > Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 06 Feb 2017 09:30 |
Last Modified: | 06 Feb 2017 09:30 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11060 |
Actions (login required)
View Item |