PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENGENALAN GEDUNG SEKOLAH BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SMP NEGERI 1 MAKASSAR)

REFRA, ALFIN REMON (2016) PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENGENALAN GEDUNG SEKOLAH BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SMP NEGERI 1 MAKASSAR). S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTF02210.pdf

Download (718kB)
[img] Text (Bab I)
1MTF02210.pdf

Download (55kB)
[img] Text (Bab II)
2MTF02210.pdf

Download (127kB)
[img] Text (Bab III)
3MTF02210.pdf

Download (433kB)
[img] Text (Bab IV)
4MTF02210.pdf

Download (180kB)
[img] Text (Bab V)
5MTF02210.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text (Bab VI)
6MTF02210.pdf

Download (321kB)

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Makassar merupakan salah satu sekolah terbaik yang berada di provinsi Sulawesi Selatan. Sama dengan SMP pada umumnya di Indonesia, masa pendidikan sekolah di SMPN 1 Makassar ditempuh dalam waktu 3 (tiga) tahun pelajaran. Saat ini informasi tentang profil sekolah bisa dikatakan kurang begitu baik meskipun cara mempublikasikan ke masyarakat hanya dengan menggunakan media brosur Sehingga informasi yang di sampaikan masih sangat terbatas. Penelitian ini bgertujuan untuk memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam mengembangkan aplikasi yang dapat memberikan informasi mengenai profil sekolah dan menampilkan gedung sekolah SMPN 1 Makassar berserta fasilitas-fasilitas yang dimiliki secara virtual dengan menggunakan perangkat smartphone. Metode Penelitian yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Pengenalan Gedung sekolah ini yaitu Melakukan Pengumpulan data, Analisis Sistem, Design Sistem, Pengkodean, dan Pengujia. Pembuatan diawali dengan pengambilan gambar pada gedung sekolah SMPN 1 Makassar kemudian di design menggunakan software 3D max studio dan Blender. Perancangan Aplikasi AR menggunakan software Unity dan Library Vuforia selanjutnya merancang sebuah marker yang nantinya akan digunakan untuk menampilkan object 3D. Hasil Akhir dari penelitian ini berupa Aplikasi ARSMP1MKS yang sudah berjalan pada perangkat smartphone android dan sudah didesign sesederhana mungkin sehingga memungkinkan para siswa atau siswi juga bisa menjalankan aplikasi tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Vuforia, Android, Pengenalan Gedung
Subjects: Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 07 Feb 2017 09:18
Last Modified: 07 Feb 2017 09:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11076

Actions (login required)

View Item View Item