OPTIMASI STRATEGI SMART ENVIRONMENT DALAM MITIGASI BENCANA MENGGUNAKAN MULTI-OBJECTIVE ACO (MO-ACO) ALGORITHM

BATMETAN, JOHAN REIMON (2016) OPTIMASI STRATEGI SMART ENVIRONMENT DALAM MITIGASI BENCANA MENGGUNAKAN MULTI-OBJECTIVE ACO (MO-ACO) ALGORITHM. S2 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0MTF02407.pdf

Download (621Kb)
[img] Text (Bab I)
1MTF02407.pdf

Download (263Kb)
[img] Text (Bab II)
2MTF02407.pdf

Download (564Kb)
[img] Text (Bab III)
3MTF02407.pdf

Download (1070Kb)
[img] Text (Bab IV)
4MTF02407.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505Kb)
[img] Text (Bab V)
5MTF02407.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1483Kb)
[img] Text (Bab VI)
6MTF02407.pdf

Download (429Kb)

Abstract

Mitigasi merupakan salah satu bagian penting dalam manajemen bencana. Mitigasi dilihat sebagai upaya menentukan jalur terbaik dalam evakuasi bencana, penentuan jalur distribusi terbaik dan penentuan titik pengungsian. Mitigasi dalam bencana adalam harus dioptimasi dengan penentuan jalur terbaik dan terpendek. Pemilihan jalur terbaik ini ditujukan pada daerah yang padat dengan pemukima n penduduk tempat tinggal warga yang dengan dengan area letusan gunung berapi dan masuk pada area berbahaya. Mitigasi bencana memerlukan system informasi yang akurat dan cepat dalam memberikan respon. Kekhawatiran dinyatakan dalam mitigasi adalah pilihan jalan kurang akurat dan jalan kompleks yang akan dipilih sehingga mengakibatkan korban jiwa. Tesis ini mencoba untuk menyelidiki untuk memilih jalur terpendek di mitigasi letusan gunung berapi Lokon. Penelitian ini mencoba menerapkan formula Algoritma Multiple Objective Ant Colony Optimization dengan memasukkan indikator kecepatan, jarak, tikungan, kepadatan dan titik aman untuk menghitung jalur pendek untuk yang dipilih menggunaka n algoritma MO-ACO. Model simulasi dan perhitungan yang dilakukan dengan membuat agregasi indikator yang ada dan terus menghitung dan menentuka n optimasi pemilihan jalur mitigitasi terbaik menggunakan algoritma MO-ACO. Hasil yang diperoleh untuk menghasilkan solusi dengan jalur pendek peta mitigasi yang terbaik, dan cepat dalam merespon dan penting untuk mengelola bencana. Peta ini menjadi petunjuk dalam manajemen bencana dan navigasi dalam proses mitigas i. peta mitigasi ini menggunakan sistem informasi mitigasi bencana dan terlibat dalam penanggulangan bencana gunung berapi Lokon di Sulawesi Utara.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multiple-objective, ant colony optimization, mitigation natural disaster, lokon volcano, short path.
Subjects: Magister Teknik Informatika > Enterprise Inf System
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Feb 2017 09:15
Last Modified: 08 Feb 2017 09:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11088

Actions (login required)

View Item View Item