PERSONALISASI ELEARNING DENGAN PENDEKATAN AFEKSI LEARNING

Setyohadi, A. Djoko Budiyanto and Dewi, Luciana Triani and Koesrohmaniah, Sri PERSONALISASI ELEARNING DENGAN PENDEKATAN AFEKSI LEARNING. [Research]

[img] Text (Penelitian Tehnik Informatika)
TF46303.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Problema personalisasi di E-learning telah menjadi topik penelitian yang penting dalam beberapa tahun terakhir. Berkembangnya isu-isu yang ada,sebetulnya berasal dari sifat media internet sendiri. Sebagai contoh lebarnya jangkauan internet akan menyebabkan variasi siswa juga akan menjadi lebar dan hal ini berimplikasi pada problema kesesuaian kapasitas belajar siswa dengan content dan navigasi yang disediakan elearning. Lebih lanjut terdapat kecenderungan ketidaksinkronan antara siswa sebagai pengguna dan ketersediaan sumber daya yang diberikan sistem elearning. Akibat nyata dari kondisi ini adalah problema adaptasi dari sisi siswa, sebagai sebuah pembelajar individu yang membutuhkan personalisasi dalamproses belajarnya. Penelitian tahap pertama ini akan mengeksplorasi aspek bagaimana pengaruh antar muka dan status emosi pengguna maupun algoritma yang dapat dipakai untuk mendeteksi status emosinya. Lebih lanjut kedua luaran dari tahap pertama ini diharapkan dapat menjadi parameter personalisasi yang mungkin untuk diimplementasikan dan mencukupi untuk digunakan skenario personalisasi elearning. Luaran yang sudah dicapai dari penelitian tahap pertama ini ada dua (2) yakni. Pertama, luaran model yang diangap dapat menstimulasi baik emosi positif maupun emosi negative dari pengguna mobile. Luaran ini sudah ini dipublikasikan di dua (2) tempat yakni : seminar/proceding nasional SRITI 2016 dan Conference Intelligent Human Computer Interaction yang dipublikasikan di Book Chapter Lecture Notes for Computer Science, Springer Verlag. Adapun luaran kedua adalah algoritma deteksi emosi yang sudah berwujud draft paper yang siap disubmit ke jurnal internasional dengan judul Emotion Detection Via Keystroke and Mouse Dynamics Analysis. Kedua luaran ini diharapkan dapat dipakai sebagai dasar pelaksanaan tahap kedua dari penelitian ini.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: afeksi learning, elearning, interaksi manusia computer, data mining, afektif computing
Subjects: Teknik Informatika > Soft Computing
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 10 Feb 2017 10:45
Last Modified: 10 Feb 2017 10:45
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11138

Actions (login required)

View Item View Item