PEMANFAATAN LUMPUR AKTIF UNTUK MENURUNKAN SENG (Zn) DALAM LIMBAH CAIR PEWARNA INDIGOSOL PADA INDUSTRI BATIK DENGAN PENAMBAHAN BAKTERI INDIGENUS

Hertiyani, Novia (2016) PEMANFAATAN LUMPUR AKTIF UNTUK MENURUNKAN SENG (Zn) DALAM LIMBAH CAIR PEWARNA INDIGOSOL PADA INDUSTRI BATIK DENGAN PENAMBAHAN BAKTERI INDIGENUS. .. pp. 1-19. ISSN .

[img] Text (Jurnal BL01276)
JURNAL BL01276.pdf

Download (1MB)

Abstract

Limbah cair industri batik mengakibatkan dampak negatif bagi lingkungan. Limbah cair industri batik merupakan limbah berwarna yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan terhadap manusia dan dapat meracuni biota air. Bioremediasi merupakan salah satu cara untuk mendegradasi limbah dengan menggunakan mikrobia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan bakteri indigenus dalam meremidiasi limbah cair pewarna indigosol abu-abu pada industri batik melalui metode lumpur aktif. Isolasi dan karakterisasi bakteri dari limbah cair indigosol abu-abu menghasilkan 2 isolat dominan yang masing-masing dinamakan bakteri NH. Isolat bakteri NH 1 cenderung termasuk genus Bacillus dan NH 2 cenderung termasuk genus Pseudomonas. Hasil yang diperoleh setelah 14 hari proses degradasi limbah cair indigosol abu-abu adalah seluruh perlakuan beserta kontrol dapat melakukan remediasi limbah cair indigosol abu-abu, hanya saja memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Kemampuan remediasi masing-masing isolat bakteri diukur berdasarkan parameter BOD (Biological Oxygen Demand), TSS (Total Suspended Solid), TDS (Total Dissolved Solid), pH, suhu, dan logam berat Zn (Seng). NH campuran dianggap paling efektif mendegradasi limbah cair indigosol abuabu. NH campuran mampu menurunkan konsentrasi BOD sebesar 75,36%, TSS sebesar 94,13%, TDS sebesar 73,03%, logam berat Zn sebesar 71,88% serta meningkatkan pH sebesar 34,60% dan suhu sebesar 3,46%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Limbah cair industri batik, limbah cair indigosol, lumpur aktif, bakteri indigenus, bioremediasi
Subjects: Teknobiologi > Tekno Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 23 Feb 2017 09:28
Last Modified: 23 Feb 2017 09:28
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/11263

Actions (login required)

View Item View Item